Breaking News

Polarid Polda NTB Pastikan Keselamatan, Penumpang Kapal Penyebrangan Lembar Padang Bae


Amanat Kapolda NTB bahwa hukum tertinggi di negara adalah keselamatan rakyat, amanat itu jelas di ucapkan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K, MH pada apel persiapan tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 serentak di lapangan Bahara Daksa Polda NTB, Kota Mataram, Kamis (11/02/2021).


Sore harinya Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga S.I.K, MSI di dampingi General Magaer (GM) Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Lembar Yulianto mengecek kondisi kapal dan penerapan Protokol kesehatan didalam kapal penyebrangan Lembar Padang Bae.


Dirpolairud Polda NTB menegaskan agar nahkoda kapal selalu mengecek kondisi kapal sebelum berangkat dan mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan penumpang.


"selain mengecek kondisi kapal, 5 M yang menjadi pondasi antisipasi pencegahan penularan virus Covid-19 wajib di jalankan," ibaunya kepada nahkoda salah satu kapal penyebrangan Lembar Padang Bae, di pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (10/02/2021)


Selain itu dia memberi arahan kepada penumpang kapal untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada di kapal.


"hari ini kami jalankan rutinitas kami mengecek kondisi armada kapal penyebrangan, sekaligus mengecek penerapan protokol kesehatan yang di amanatkan Kapolda NTB," jelasnya.


GM ASDP Lembar Yulianto menjelaskan bahwa penumpang kapal diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, setiap saat petugas ASDP, Covid-19, TNI dan Polri selalu standby mengecek satu persatu penumpang yang akan naik kekapal.


"jika ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan petugas akan menyetop mereka, apalagi yang tidak membawa surat keterangan sweb, mereka langaung disuruh kembali untuk melakukan sweb" jelasnya.


Selain penerapan protokol kesehtan pihak ASDP juga mewajibkan penumpang menunjukkan surat keterangan sweb, jika tidak punya, penumpang tersebut tidak di ijinkan masuk ke kapal.


Mengantisipasi penumpang yang tidak mempunyai surat keterangan sweb, pihak ASDP bekerjasama dengan petugas Covid-19 menyiapkan stand Sweb di pintu masuk kapal.


"penumpang tidak perlu khawatir kami sudah bekerjasama dengan petugas Covid-19 menyiapkan stand untuk melakukan sweb, jadi tidak ada masalah," tandasnya.


Pihak TNI dari Angkatan Laut (AL) Lanal Mataram juga terlihat siaga setiap saat, mereka BKO dari Lanal Mataram untuk selalu ikut memantau kondisi di pelabuhan Lembar.


"kami dari Lanal Mataram bergantian jaga di sini," jelas Koptu Warsito salah satu anggota BKO TNI AL Lanal Mataram


Dijelaskan bahwa TNI AL Lanal Mataram menugaskan setiap harinya satu orang personil TNI AL membantu pihak kepolisian dan ASDP memantau aktivitas di pelabuhan lembar


"kami akan selalu siap siga di pelabuhan ini untuk membantu semua pihak yang memerlukan bantuan, termasuk membantu petugas Covid-19 untuk penerapan protokol kesehatan" pungkasnya.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia