Breaking News

Perahu Tenggelam Di Sumbawa, Personil Ditpolairud Polda NTB dan Basarnas Selamatkan Nelayannya


Kecelakaan perahu nelayan terjadi di perairan Raja Sua Pulau Moyo, Kabupaten Subawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Kamis (21/01/2021).


"Kabar tenggelamnya perahu milik nelayan tersebut kami dapat dari salah seorang warga yang menelfon kami," jelas ABK KP.XXI-1003 Ditpolairud Polda NTB Brigadir Harlan Pratama Saputra, usai melakukan penyelamatan di pelabuhan Badas Sumbawa, Kamis (21/01/2020).


Harlan yang mendapat informasi tersebut langsung berkoordinasi dengan Basarnas  untuk melakukan evakuasi.


Tak lama kemudian Harlan Bersama beberapa tim dari Basarnas menuju lokasi tenggelamnya perahu tersebut, namun disekitar perahu dia tidak menemkan nelayannya.


Kemudian Harlan bersama Tim dari Basarnas melakukan penyisiran ke pinggir pantai Raja Sua Pulau Moyo, disana mereka temukan dua orang nelayan yang sedang berenang kedaratan untuk menyelamatkan dirinya.


Dari atas perahu Harlan dan Tim  Basarnas lainnya menarik kedua nelayan tersebut dengan seutas tali untuk di naikkan kekapal penyelamat.


"setelah kedua nelayan itu berhasil kami naikkan ke kapal, kami langsung membawanya ke Labuan Badas," ujarnya.


Kedua nelayan yang bernama Sopian dan Basril warga Desa Bajo Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa tersebut ditemukan dalam keadaan sehat oleh petugas.


"beruntung kedua nelayan tersebut tidak apa apa, sehingga mereka bisa bertemu dengan keluarga mereka lagi," jelas Harlan


Sesampainya di Badas kedua nelayan itu diatar Herlan dan petugas Basarnas lainnya kerumah mereka di Utan.


"wajah bahagia dan terharu terlihat di muka kedua nelayan dan keluarga yang menyambutnya di rumah mereka, kami jadi senang melihat semua itu," ujarnya.


Untuk itu Harlan meminta warga yang hendak melaut, agar selalu berhati hati."jika warga ingin melaut saya harap mereka melihat situasi dulu baru berangkat melaut, terutama cuaca yang harus diantisipasi, karena sering tiba tiba buruk,"pungkasnya

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia