Popular Posts

HEADLINE NEWS

Tingkatkan Wawasan kebangsaan Dikalangan Generasi Muda, Korem 162/WB Gelar Pembinaan Wasbang


Mataram
- Korem 162/WB menggelar kegiatan pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) diikuti oleh perwakilan siswa/siswi SMA, Pramuka, Mahasiswa dan FKPPI yang dibuka oleh Danrem 162/WB di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Selasa (22/9/2020).


Pada kesempatan tersebut, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme kepada generasi muda.


Menurutnya, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan pesatnya laju modernisasi saat ini memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, namun berbagai pengaruh positif dan negatif juga terdapat didalamnya seperti maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, pergaulan seks bebas, perkelahian antar pelajar dan berbagai kasus lainnya maka untuk menangkal terjadinya degradasi moral anak bangsa di era globalisasi seperti saat ini diperlukan pemahaman dari generasi muda tentang wawasan kebangsaan.


"Setiap generasi muda merupakan masyarakat baru, para pejuang baru yang harus memperoleh pengetahuan dan mempelajari keahlian serta mengembangkan karakter atau watak publik maupun privat yang sejalan dengan demokrasi untuk kemajuan bangsa dan negara, maka sikap mental ini harus dipelihara dan dipupuk melalui sikap kedisiplinan dan keteladanan," terang Danrem.


Danrem menjelaskan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah dan cita-cita serta tujuan nasional, namun sampai saat ini pemahaman wawasan kebangsaan dalam diri generasi muda dirasa masih kurang.


"Oleh sebab itu, pemberian pemahaman akan wawasan kebangsaan pada generasi muda sangat dibutuhkan karena dengan semakin kuat dan kokoh nya pemahaman tentang wawasan kebangsaan diyakini dapat menjadi benteng dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi," ujarnya.


Selain itu, sambungnya, kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan generasi muda terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta memupuk mental dan keberanian para generasi muda agar memiliki sikap mental dan fisik yang berani bersaing dan berkompetisi secara sportif.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Brigjen TNI Rizal Ramdhani menghimbau kepada penyelenggara dan seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh namun tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19 dengan harapan para peserta nantinya juga dapat menjadi agen edukasi dan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan maupun protokol covid-19 kepada keluarga, teman dan masyarakat sekitarnya.


"Hal ini merupakan aktualisasi dari rasa cinta tanah air mengingat bencana non alam ini sudah ditetapkan oleh pemerintah menjadi bencana nasional menjadi tanggung jawab kita sebagai warga negara untuk bersama-sama menghadapi covid-19 dengan cara kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19," tandasnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *