Breaking News

Pemprov Siap Kembangkan Sayap UMKM Lokal NTB keluar Daerah

Mataram - Setelah mendapatkan Apresiasi positif dari Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, kini Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat siap kembangkan sayap dan memberdayakan UMKM lokal NTB keluar daerah. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si diruang kerjanya, pada saat menjadi narasumber kegiatan Rapat Daring yang digelar Inews TV, (Kamis, 30/07). 

Mengangkat tema diskusi "Pemberdayaan UMKM ala NTB di tengah Pandemi Covid-19",  Sekda menegaskan Pemerintah Provinsi NTB NTB di bawah kepemimpinan Gubernur Zul - Rohmi akan terus mendorong kemajuan UMKM di NTB. 

"Kami tetap mendorong  kemajuan UMKM NTB, karena bagi kami UMKM memberikan efek positif yang sangat luar biasa" tuturnya. 

Pada kesempatan tersebut, Miq Gite sapaan akrab Sekda juga memaparkan strategi dan langkah - langkah yang diupayakan pemprov NTB dalam memajukan UMKM di NTB. Langkah-langkah tersebut antara lain, Pertama, UMKM lokal akan diberikan penguatan teknologi berupa bantuan alat produksi, pelatihan SDM dan penguatan pasar. 

Kedua, menjaga lapangan pekerjaan dengan bantuan keringanan pajak . Hal itu diikhtiarkan karena pandemi covid19 yang belum berakhir. Oleh karenanya menurut Miq Gite, relaksasi pajak ini harus di niatkan sungguh- sungguh dan butuh politik kalwil. Yaitu tidak hanya pemerintah daerah, tetapi juga kebijakan nasional. 

Dan yang ketiga adalah bagaimana NTB akan menfasilitasi berbagai beban-beban yang harus ditanggung oleh dunia usaha termasuk BPJS dan perijinan investasi.

Sekda juga menuturkan bahwa langkah - langkah tersebut dapat terus berkembang sebagai ikhtiar Pemprov mengembangkan  UMKM lokal di NTB. 

"Salah satu contohnya seniman, bagaimana dapat memberdayakan berbagai karyanya di hotel-hotel kita dan menempatkannya pada tempat wisata. Inilah wujud kita mencintai produk lokal itu" tutupnya

Sementara itu, pengamat politik NTB Dr. Iwan Harsono yang turut hadir mengatakan, upaya yang dilakukan oleh pemerintah NTB adalah hal yang luar biasa dan harus didukung bersama. Selain langkah untuk mengurangi pengangguran di NTB, kemudian pemberdayaan UMKM juga sebagai bentuk kecintaan terhadap produk lokal NTB

"Ya tentu dengan upaya ini kita bisa melihat bagaimana lapangan berbicara. Dan bagi saya, kalau program ini terus diikhtiarkan, maka saya bisa pastikan UMKM di NTB akan maju dan angka pengangguran akan berkurang" tutupnya. 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia