Breaking News

Di Bali, Gubernur NTB Paparkan Pembangunan Pariwisata NTB

Gubernur NTB saat menghadiri diskusi strategis tajunat ke 5  di Denpasar Bali
Denpasar - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE, M.Sc. menghadiri Diskusi Strategis Tahunan Ke-5 MarkPlus Tourism, di Denpasar Bali, Senin (9/3/2020). Focus Groups Discussion (FGD) tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan MarkPlus Tourism, dalam rangka melakukan evaluasi terhadap pencapaian dan identifikasi tantangan pariwisata Indonesia.

Gubernur NTB dalam kesempatan itu memaparkan konsep pengembangan Pariwisata berkelanjutan di Provinsi NTB. "The New NTB, Toward Sustainable Tourism" yang membahagiakan para wisatawan, menghadirkan suasana aman dan nyaman terhadap Investor.

Menurutnya yang tidak kalah penting dari itu adalah NTB yang mampu menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakatnya sendiri. "Masyarakat NTB tidak boleh jadi penonton di tanah sendiri," paparnya yang disambut tepuk tangan peserta.

Untuk mewujudkan Pariwisata NTB yang berkelanjutan tersebut, saat ini NTB fokus menjalan program unggulan mewujudkan NTB Gemilang. Salah satunya Sektor Pariwisata dengan menciptakan destinasi yang berkualitas melalui pengembangan atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Industrialisasi dengan peningkatan nilai tambah komoditi produksi NTB. Zero Waste upaya pelestarian lingkungan melalui penanganan sampah, sedangkan pengembangan Sumber Daya Manusia dengan peningkatan skill melalui beasiswa NTB.

Dikatakan gubernur, kedepan NTB akan terus berkolaborasi dengan Bali dalam membangun pariwisata. Menurutnya MarkPlus Tourimsm harus menjadi agen Provinsi NTB untuk belajar lebih banyak dari Bali, terkait strategi dalam memajukan  dan mengembangkan destinasi wisata yang berkelas dunia.

Sementara itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam paparannya mengatakan, hubungan antara Bali dan Lombok sudah dirancang jauh hari, namun akibat peristiwa bom bali satu, semua rencana tersebut tertunda sampai saat ini.

Menurutnya perbedaan merupakan jalan untuk mendapatkan pengalaman. "Tidak mungkin ada pengalaman tanpa adanya perbedaan," paparnya.

Ia mengatakan, perbedaan yang paling menonjol di Indonesia adalah budaya, perbedaan kultur ini harus tetap dijaga, yakni agama, seni, bahasa, teknologi dan sistem mata pencaharian adalah unsur kultur yang harus tetap dijaga keberagamannya.

Wagub Bali menekankan, kedepan konsep pengembangan Pariwisata Bali harus mengedepankan perbedaan. Menurutnya  Pariwisata Bali akan berkelanjutan apabila masyarakat Bali terus menjaga dan merawat budaya leluhur yang ditinggalkan. "Jangan sampai melakukan experience yang aneh-aneh," tuturnya.

Bali dengan karakter Hindu-nya, Lombok dengan Karakter Islam-nya dan NTT dengan karakter Kristen harus dijaga dan dipertahankan. Hal ini untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah kita. "Mari kita kembangkan daerah kita sesuai dengan karakternya," pungkasnya.

Founder & Chairman MarkPlus Tourism, Hermawan Kartajaya mengatakan, diskusi strategis tahunan yang sebelumnya telah dilaksanakan empat kali berturut-turut, sejak tahun 2016 di Jakarta dan Bali. Hasil dari diskusi tersebut akan diserahkan secara resmi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan selama ini telah mendapatkan respon yang positif.

Ia menjelaskan tema kali ini akan mengangkat tentang Quality Tourism baik secara definisi, kesiapan destinasi, maupun rekomendasi kebijakan, strategi dan taktik yang berfokus pada pembahasan strategi-strategi ke depan, dalam rangka mengoptimalkan dan menyelaraskan pembangunan dan pemasaran destinasi, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia yaitu Quality Tourism. 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia