Popular Posts

HEADLINE NEWS

KSPSI MINTA KEMENAKER AWASI TKA ASAL CHINA CEGAH VIRUS CORONA

Para Anggota KSPSI Meminta Kementrian TEnaga Kerja Waspadai TKA China Terkait Virus Corona

Jakarta — Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) meminta Kementerian Tenaga Kerja agar mengawasi secara ketat Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China untuk mencegah kemungkinan masuknya Virus Corona yang kini mewabah di beberapa negara. Perusahaan yang mempekerjakan TKA China sebaiknya mewaspadai setiap kemungkinan penyebaran Virus Corona.

Pernyataan dan permintaan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Bidang OKK DPP KSPSI, HM. Jusuf Rizal menjawab pertanyaan media di Jakarta tentang potensi masuknya virus Corona melalui TKA asal China yang tersebar di perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan TKA asal China di Indonesia, khususnya di daerah-daerah pertambangan dan pelosok yang sulit terdeteksi.

“Pemerintah melalui Kemenaker bekerjasama dengan Kemenkes, Pemda. Apindo dan Perusahaan yang mempekerjakan TKA asal China harus mewaspadai dan mencegah kemungkinan masuknya virus Corona melalui TKA asal China, khususnya dari Wuhan. Kemenaker harus pro aktif ikut melakukan pencegahan,” tegas pria yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat)

Sebagaimana diketahui saat ini virus Corona telah menjadi momok karena telah menelan korban di negara asal virus Corona terjangkit di Wuhan, China. Sedikitnya ratusan orang telah meninggal, ribuan terinveksi dan 13 negara telah terjangkit karena terbawa mereka yang mengunjungi China, atau wisatawan asal China seperti di Malaysia. Indonesia harus mewaspadai masuknya virus Corona dari TKA asal China.

Perusahaan-perusahaan importir buah asal China seperti Apel, Pir, Kelengkeng dll hendaknya menyetop importasi hingga kondisi dinyatakan pemerintah sudah aman dari kemungkinan penyebaran Virus Corona. Pemerintah juga harus menolak dan memulangkan wisatawan dan TKA asal China untuk meminimalisasi potensi penyebaran virus Corona.

“Pemerintah memang harus ekstra keras mencegah masuknya virus Corona ke Indonesia. Kemenaker juga harus sedini mungkin ikut melakukan pencegahan dan pengawasan TKA asal China. Jadi seluruh TKA asal China yang dicurigai Terdampak Virus Corona agar sedini mungkin di isolir dan di karantina. Namun lebih baik pemerintah menyetop sementara masuknya TKA asal China yang akan bekerja di Indonesia,” tegas pria berdarah Madura-Batak itu.

KSPSI sendiri melalui 17 Anggota Federasi Serikat Pekerja (SPA) meminta ikut mewaspadai dan melaporkan para pekerja yang diduga terdampak virus Corona kepada instansi terkait. KSPSI juga menghimbau Kemenaker dapat membentuk “Pusat Pengaduan Virus Corona Tenaga Kerja” bila dianggap penting untuk menampung informasi tentang virus Corona dari masyarakat pekerja di setiap perusahaan, khususnya TKA asal China.(LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *