Breaking News

Tingkatkan Potensi Kerajinan Daerah NTB, Dekranasda NTB Gelar Lomba Kriya Dan Rancang Busana

Dewan Kerajianan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat akan melaksanakan lomba kriya terbaik dan rancang busana berbahan tenun NTB pada 14 Desember 2019 mendatang.

Mataram - Hj. Niken Saptarini Widyawati selaku Ketua Dekranasda NTB dalam jumpa persnya (18/10) di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB mengatakan, Dekranasda Award kali ini dimaksudkan untuk memacu perkembangan desain kriya NTB sedangkan untuk Lomba Desain Busana Berbahan Tenun NTB dimaksudkan memacu designer NTB dalam membuat karya berbahan tenun NTB serta dalam mengangkat tenun NTB agar lebih dikenal secara luas baik generasi muda, masyarakat umum baik nasional maupun internasional.

“Dekranasda Award ini difokuskan pada pengembangan hasil jadi produk kriya maupun busana motif tenun NTB. Kami harapkan lahir karya yang original, baru dan kreatif dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Nusa Tenggara Barat,” kata Hj Niken didampingi Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj Putu Selly Andayani.

Kategori yang dilombakan dalam Dekranasda Award adalah busana kerja pria dan wanita, busana casual remaja wanita dan pria, busana malam wanita muslim dan kategori busana malam pria.

 Hj.Niken, mengungkapkan juri untuk lomba busana tenun ini menghadirkan dua orang juri designer nasional dan seorang juri akademisi desainer NTB. Akan dicari 3 orang pemenang yang mampu menghasilkan karya busana tenun terbaik dengan tema Bahari.

“Hal tersebut dimaksudkan agar para produk yang menjadi pemenang nantinya bisa merepresentasikan NTB, tidak keluar dari pakem yang ada dan laku di pasaran. Dan kita hanya mencari 3 orang pemenang saja”, pungkasnya.

Sementara untuk lomba kriya terbaik akan dikelompokkan melalui kategori produk kerajinan yakni, kelompok keramik, kelompok serat alam, kelompok batu-batuan, kelompok kayu-kayuan, kelompok tekstil, kelompok logam dan kelompok material asli yang lain.

Penilaian lomba kriya terbaik harus memenuhi unsur excellence, authenticity, inovatif, marketability, eco-friendly dan fair social responsibility. Lomba ini terbuka untuk umum, mahasiswa dan pelajar di NTB. Hasil terbaik Dekranasda NTB award untuk kriya tahun 2019 akan diikuti pada Dekranas Award tahun 2020 di Jakarta.

“Kami harapkan dengan adanya acara ini posisi para pengrajin dan designer di NTB bisa terangkat dan bisa go internasional,” tambhanya.

Untuk diketahui, pendaftaran lomba ini masih dibuka hingga 6 Desember mendatang, sedangkan penentuan pemenang akan diumumkan di Hotel Lombok Raya pada 14 Desember mendatang.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Bale Kriya NTB, JI. Langko No.63 Mataram atau dapat menghubungi: Linda Hamidy (08123755576), Maya Sukmantara (08176479687) Dekranasda NTB Award untuk Kriya : Efdalius Ruswandi (0816586453), Riana Meilia (0811391710). 


(LNG01)

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia