Breaking News

Bupati Akan Suport TKSK

Kiprah Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Maluk, Muhjar menarik perhatian Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. Bupati pun mengujungi kediaman Muhjar di Desa Bukit Damai, Kecamatan Maluk. 

Sumbawa Barat - Inovasi Muhjar sebagai TKSK adalah melakukan pembibitan sayur. Bibit sayur kemudian dibagikan kepada warga kurang mampu dan mengajak mereka membudidayakan menggunakan sistem hidroponik (media tanam menggunakan air) maupun menggunakan media tanam campuran tanah dan sekam.

Dikatakan Bupati, kegiatan yang dilakukan Muhjar bersama warga binaanya ini merupakan salah satu cita-citanya. Dimana masyarakat bisa dengan mandiri membudidayakan sayuran memanfaatkan pekarangan rumahnya. Sehingga ketergantungan sayuran dari daerah lain dapat dikurangi.

Saya apresiasi kegiatan TKSK, saya berharap pembibitan seperti ini bukan hanya di sini (rumah Muhjar). Tetapi juga di setiap Kecamatan, saya siap suporting, saya akan pkirkan anggarannya. Termasuk lahan PT. AMNT di Desa Benete bisa dikerjasamakan. TKSK juga silahkan bekerjasama dengan PKK, GOW. PDPGR dan lainnya,” kata Bupati, Kamis siang (3/10).

Kepala Dinas Sosial, dr. H. Syafruddin kepada Bupati melaporan, Muhjar merupakan satu dari delapan TKSK di KSB, sekaligus sebagai koordinator. Ia menjadi nominator TKSK Teladan Tahun 2019. Dari 11 ribu TKSK di seluruh Indonesia, dia mampu masuk ke 15 TKSK dan akan disaring menjadi 5 TKSK teladan. 

Inovasinya adalah membina warga untuk menanam sayur. Sementara itu Muhjar mengatakan, niatan dirinya tidak lain adalah berupaya meningkatkan kesejahteraan warga miskin sesuai Visi Kemensos. 

Dengan menanam sayur, warga kurang mampu bisa memenuhi sayurannya secara mandiri. Otomatis juga pengeluarannya ditekan, karena tidak perlu membeli. Bahkan sayur yang ditanam warga dijual untuk menambah penghasilannya. 

Rumah saya tempat pembibitan saja. Setelah tumbuh kemudian dibagian ke warga kurang mampu. Selain membagikan bibit sayur, tugas lainnya adalah memberikan pendampingan terkait 26 masalah sosial, seperti masalah narkoba, masalah anak, keluarga dan lainnya,” jelas Muhjar.

Usai berdialog dan meninjau pembibitan sayur di rumah Muhjar, Bupati juga meninjau usaha budidaya sayur sistem hidroponik di rumah Zainal Abidin tidak jauh dari rumah Muhjar.

Bupati yang didampingi Kepala Dinas Sosial, Kabag Humas dan Protokol, Camat se- KSB, TKSK se-KSB kemudian malaksanakan Rombongan kemudian meninjau lahan milik PT. AMNT di Desa Benete. (LNG05/humas)

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia