Breaking News

NTB Expo Dibuka Langsung Oleh Gubernur NTB

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah membuka secara resmi kegiatan NTB Expo 2019 yang bertempat di Pelataran Utama Islamic Center Mataram, Kamis (29/8/2019).

Mataram - Gubernur didampingi istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati selaku Ketua TP PKK Provinsi NTB. Turut pula hadir Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTB, Ketua OJK NTB dan sejumlah kepala OPD lingkup pemerintah provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan agar kegiatan NTB Expo 2019 bukan hanya menjadi ajang promosi dan pemasaran produk. Akan tetapi, dapat dimanfaatkan pula sebagai tempat menyambung jejaring usaha, kenalan, dan juga menjadi tempat yang menggembirakan.

"Expo ini mudah-mudahan menjadi tempat kita bersenang-senang, bertemu sahabat lama, kerabat dan mudah-mudahan banyak manfaat lain yang bisa kita hadirkan di tempat expo ini," kata Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini.

Bang Zul berharap kegiatan NTB Expo 2019 ini kedepannya dapat meningkatkan pembinaan usaha kecil dan menengah yang ada di Nusa Tenggara Barat. "NTB Expo ini kita buka, mudah-mudahan di penghujung senja ini, Insya Allah Expo kita ini menjadi Expo yang berbeda," harapnya.

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Suparno SE, MM , menjelaskan bahwa Indonesia memiliki potensi yang unggul dalam berbagai hal. Antara lain, dalam bidang kerajinan, fashion, pangan serta pariwisata.

"Untuk itu semangat berkarya dan berkreasi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah perlu mendapat perhatian dan fasilitasi dari berbagai pihak," tutur Suparno.

Suparno melanjutkan bahwa peningkatan kualitas produksi yang dihasilkan oleh koperasi usaha kecil dan menengah kedepannya agar lebih diperhatikan. Utamanya di era globalisasi yang kian terbuka setiap tahunnya.

"Para pelaku koperasi usaha kecil mikro dan menengah dituntut untuk terus menerus menggali serta mengembangkan budaya untuk meningkatkan keunikan karya budaya lokal yang dimiliki saat ini," ujarnya.

Kegiatan NTB Expo diharapkan mampu menjadi media inspiratif, edukasi, pengembangan wawasan dan jejaring usaha, serta memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi pengembangan kinerja koperasi usaha kecil dan menengah di Indonesia.

"Semoga pameran ini menjadi salah satu pintu gerbang menguatnya produk koperasi usaha mikro kecil dan menengah di pasar lokal maupun di pasar global, serta meningkatkan perekonomian di Nusa Tenggara Barat pada khususnya," pungkasnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Saswadi, MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa NTB Expo 2019 merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke 74 dan hari UMKM Nasional serta menyambut Simposium Asia Pacific Geoparks Network (APGN) 2019 ke-6 yang akan berlangsung di NTB.

NTB Expo 2019 akan berlangsung dari tanggal 29 Agustus sampai dengan 2 September 2019. Kegiatan yang diisi dengan berbagai pameran produk unggulan, produk UKM dan berbagai hiburan dan perlombaan ini diikuti sekitar 130 UMKM se-NTB. (LNG04)

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia