Breaking News

Ini Dia Cara Memilih Kain Sarung Sang Bagus

 



Ketika melihat jamaah sholat Jumat di Indonesia, mungkin mayoritas dari mereka mengenakan sarung dan baju koko sebagai pakaian saat beribadah. Ya, di Indonesia sarung memang sering diidentikan dengan baju ibadah, khususnya bagi kaum adam.

Namun, di balik fungsi utamanya tersebut, ternyata sarung juga memiliki peran lain. Salah satunya yaitu terkait fungsi estetis penampilan. Sehingga, tidak heran jika banyak orang menjadikan motif sarung sebagai prioritas sebelum memilih atau membeli produk yang diinginkan.

Selain itu, kualitas kain juga penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, sarung tidak hanya akan tampak elegan, tetapi juga awet.

Cara Memilih Kain Sarung yang Bagus

Berbincang tentang sarung yang berkualitas, ada beberapa cara memilih kain sarung yang bagus. Tips ini bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan produk berkualitas, baik dari segi bahan, jahitan, maupun corak atau motifnya.

  1. Jenis Bahan yang Digunakan

Dewasa ini, ada begitu banyak pilihan jenis bahan yang bisa digunakan untuk produksi sarung. Tentu masing-masing jenis bahan tersebut memiliki keunggulan dan juga sisi  minusnya.

Namun, secara umum, kriteria kain sarung yang bagus yakni memiliki tekstur yang lembut, halus, ringan, dan potongan kain jatuh ketika digunakan.

Sementara untuk jenis kain terbaik, hingga saat ini masih dipegang oleh sutra. Biasanya jenis kain ini hanya digunakan pada sarung-sarung premium yang dibandrol dengan harga tinggi.

  1. Cek Kerapatan Benangnya

Penting untuk Anda ketahui, bahwa kerapatan benang adalah salah satu faktor utama penentu kekuatan sarung. Kain yang diproduksi dengan susunan benang sangat rapat cenderung lebih kuat dan awet.

Nah, cara untuk mengukur kerapatan benang pada suatu kain bisa dilakukan menggunakan bantuan senter atau lampu. Cukup sorotkan senter pada area jahitan benang, kemudian perhatikan bagaimana tingkat kerapatannya.

Jika cahaya masih bisa menembus sarung, maka kemungkinannya tingkat kerapatan benang pada kain tersebut cukup rendah.

 

  1. Motif yang Elegan

Ada begitu banyak pilihan motif sarung yang bisa ditemui di pasaran. Beberapa yang paling populer adalah motif songket dan kotak-kotak.

Keduanya memiliki nilai keindahan masing-masing. Seperti sarung dengan motif kotak-kotak atau garis vertikal cenderung lebih modern. Sehingga look yang dihasilkan juga tampak kekinian.

Sementara motif songket lebih memperlihatkan kesan mewah dan classy. Menariknya, meskipun tampak classic, namun sarung dengan motif songket masih cocok dikenakan untuk look modern. Corak ini juga kerap ditemui pada sarung-sarung premium, seperti sarung BHS.

  1. Pemilihan Warna yang Tepat

Selain motif, warna kain juga penting untuk dipertimbangkan. Ketika Anda ingin menggunakan sarung untuk aktivitas harian, tentu warna-warna netral adalah pilihan yang tepat karena bisa dipadukan dengan berbagai macam atasan.

Sementara jika Anda sedang mencari sarung yang bagus untuk acara tertentu, maka pemilihan warna bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya warna sarung harus disesuaikan dengan atasan atau fashion item lainnya.

Nah, dari segi warna, kriteria sarung yang bagus adalah yang tidak mudah luntur. Dengan begitu, warna akan tetap terjaga meski sudah berkali-kali dicuci.

  1. Perhatikan Jahitan Sarung

Meski tidak seperti baju yang banyak membutuhkan detail jahitan, bukan berarti Anda bisa mengabaikan poin ini saat memilih sarung.

Sarung premium tentu memiliki jahitan yang rapi dan simetris. Sehingga, ketika digunakan, potongan sarung akan tampak rapi dan mudah dilipat sesuai style yang diinginkan.
Satu lagi, jahitan sarung juga harus dipastikan kuat agar kain tidak mudah robek meski digunakan dalam jangka waktu panjang.

  1. Sesuaikan dengan Budget

Mempertimbangkan budget yang dimiliki dengan produk yang hendak dibeli adalah suatu hal yang sangat penting.

Kabar baiknya, kini Anda sudah bisa mendapatkan produk premium dengan harga terjangkau. Sebut saja sarung BHS, salah satu brand sarung premium yang bisa Anda dapatkan dengan harga kurang dari satu juta rupiah.

Namun, bagi Anda yang minim budget, memilih produk sarung dengan harga di bawah seratus ribu juga tidak masalah.

  1. Pilih Merk Sarung yang Bagus

Tidak bisa dipungkiri jika merek sangat berperan dalam penentuan kualitas. Di mana merk yang sudah memiliki brand awareness tinggi umumnya juga menyediakan kualitas terbaik.

Meski dalam hal ini, merk sarung juga terbagi dalam beberapa kelas, mulai dari merk sarung dengan harga murah hingga merk sarung yang bagus dan premium.

Pemilihan merk sarung juga bisa disesuaikan kembali dengan budget yang Anda miliki.

Tujuh cara memilih sarung yang bagus di atas bisa Anda terapkan sebagai langkah awal untuk menentukan pilihan sarung yang terbaik. Jangan sampai Anda asal-asalan dalam memilih kain sarung, terlebih jika Anda sedang mencari produk premium yang dibandrol dengan harga tinggi.

Dengan budget yang tidak sedikit, tentu Anda tidak ingin mendapatkan sarung dengan kualitas rendah, bukan? Oleh sebab itu, penting untuk meninjau kembali merk-merk sarung terbaik di Indonesia.

Seperti sarung BHS yang merupakan salah satu brand terbaik untuk kelas premium. Brand ini telah dipercaya akan produk-produk premiumnya. Mulai dari jenis kain, kualitas jahitan hingga corak dan warnanya telah memenuhi kriteria sarung berkualitas. Kesan eksklusif dan elegan tentunya bisa Anda dapatkan ketika mengenakan kain sarung BHS.

Nah menariknya, produk premium ini sekarang sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui marketplace Blibli. Harga yang ditawarkan di sini juga cenderung lebih terjangkau, dan pastinya Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan tambahan, seperti cashback dan diskon. Yuk, cek koleksi sarung BHS di Blibli dan dapatkan sarung premium dengan harga terbaiknya di sini.

 


0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia