Breaking News

Program Kampung Sehat Desa Kerato, Jaga Ketahanan Pangan dengan Bertani Sayuran


Sumbawa Besar, Kamis (16/07/2020) Bhabinkamtimas Desa Kerato, Aipda Heru Tugas S, SH dengan Babinsa Serma Baharuddin, mengunjungi petani sayur yang ada di Desa Kerato, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa. Kegiatan tersebut dalam rangka pemantauan terhadap ketahanan pangan masyarakat di Desa setempat ditengah pandemi Covid-19.

Aipda Heru Tugas mengatakan, kali ini ia bersama Serma Baharuddin, mengunjungi para petani sayur yang tergabung dalam kelompok tani “Hasrat Indah” berlokasi di Dusun Sering Atas, Desa Kerato. Kelompok tani yang diketuai oleh Maknun itu , telah berdiri sejak tahun 1980. Dan beranggotakan 10 orang.

Untuk bertani lanjutnya, mereka menyewa lahan sawah untuk ditanami sayur. Adapun sayuran yang biasa mereka tanam adalah tomat, cabai, terong, buncis, kacang panjang, pare, sawi, dan bayam. Hasilnya, dijual di pasar-pasar di Kabupaten Sumbawa.

Terpisah, Kasubag Humas Polres Sumbawa Iptu Sumardi,S.Sos mengatakan, kegiatan para petani ini merupakan salah satu bentuk upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat Sumbawa, khususnya di Desa kerato dalam rangka menyambut adaptasi kebiasaan baru era Covid-19.

Terhadap hal ini lanjutnya, Polres Sumbawa memberi dukungan penuh melalui Bhabinkamtimas yang selalu siap memberikan bantuan ke para petani untuk meningkatkan hasil produksi, termasuk membantu dalam hal penjualan.

Ke depan sambungnya, Polres Sumbawa akan membentuk kelompok tani Tiga Pilar. Kelompok tersebut akan dibina langsung oleh unsur tiga Pilar Khamtibmas yakni Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Semoga dengan adanya dukungan ini, bisa meningkatkan hasil produksi para petani sayur di Kabupaten Sumbawa. Sehingga dapat menunjang ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi ini,” pungkasnya.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia