Breaking News

Untuk Menunjang Produksi, 9 Kelompok Nelayan Di KSB Akan Mendapatkan Sampan Komplit



Sumbawa Barat - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun 2020 ini telah mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Dana alokasi khusus ini diperuntukkan untuk kapal nelayan dan alat tangkapnya, Ada sebanyak 9 unit kapal yang akan dibagikan ke kelompok nelayan dengan total anggaran 1.030.000.000.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan KSB, Ir. H. Mansyur Sofian, M. Si mengatakan bahwa bantuan kapal ini diberikan ke 9 kelompok nelayan.

Kelompok tersebut sudah diverifikasi oleh penyuluh perikanan lapangan (PPL), untuk lokasi kelompok penerima berada di Kecamatan Sekongkang, Taliwang, Jereweh dan Kecamatan Poto Tano.

"Masing-masing Kecamatan diberikan kapal sesuai hasil verifikasi PPL," tuturnya.

Ia juga menjelaskan, Saat ini sedang berjalan proses administrasinya dan menunggu tender.

Dia berharap kepada kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan agar memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, tidak dipindahtangankan, dipelihara dengan baik dan semoga produksi nelayan semakin banyak.

Ia menuturkan, Kelompok yang mendapatkan dana DAK tidak sembarang kelompok, harus diverifikasi ketat oleh PPL, memiliki kelompok usaha bersama dan masuk dalam kartu pelaku usaha perikanan (Kusuka).

Ditambahkan oleh Kepala bidang Perikanan Tangkap Arkamuddin, S. Pi menjelaskan bahwa Tahun ini bantuan sampan dari pemerintah daerah ke nelayan yaitu berupa sampan laut dan sampan danau.

Sesuai permintaan yang masuk, Dinas Kelautan dan Perikanan pada Tahun 2020 telah mengalokasikan sampan danau sebanyak 8 unit dan sampan laut sebanyak 33 unit. (LNG05)

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia