Popular Posts

HEADLINE NEWS

Mendagri Apresiasi Satpol PP dan Satlinmas dalam Menjaga Ketertiban Daerah



Mataram- Momentum peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) tahun 2020 dijadikan sebagai momentum untuk mengajak seluruh komponen bangsa meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi pilar-pilar NKRI. 


Eksistensi dan pembuktian 70 tahun bagi Satpol PP dan 58 tahun bagi Sat Linmas, menunjukan bahwa rakyat, publik dan pemerintah tetap menghendaki Sat Pol PP dan Sat Linmas untuk terus bekerja. Tidak banyak organisasi yang bisa survival lebih dari 70 tahun hingga saat ini. Peran dan kontribusinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban daerah dan nasional serta menjaga keutuhan NKRI hingga saat ini telah dirasakan dan diakui masyarakat. 


“Hingga sekarang, rekan-rekan masih membuktikan dan masyarakat mengakui kehadiran saudara-saudara semua,” kata Menteri Dalam Negeri RI, Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.,  pada saat menjadi Inspektur Upacara pada puncak peringatan HUT Sat Pol PP ke-70 dan Sat Linmas ke-58, di Lapangan Eks Bandara Selaparang Mataram (3/3/2020). 


Dengan pengakuan ini, Jenderal Tito meminta agar Sat Pol PP dan Sat Linmas tidak lupa diri, karena masih banyak harapan masyarakat dan pekerjaan yang harus dilakukan.

Tito menjelaskan, Sat Pol PP dan Sat Linmas memiliki tugas sebagai pengembang tugas kepolisian yang terbatas, khususnya dalam rangka penegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah di daerah masing-masing, sekaligus memelihara keamanan dan ketertiban umum. Demikian juga satuan Linmas memiliki tugas pengemban fungsi kepolisian dalam rangka menegakkan aturan-aturan, menjaga keamanan terutama dalam proses rangkaian pemilu dan pilkada.

“Untuk itu, tugas ini adalah tugas mulia dan profesi yang sangat mulia. Kenapa demikian? Karena keamanan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, baik dalam kehidupan keluarga, pribadi maupun bermasyarakat dan berbangsa negara,” terangnya. 

Oleh karenanya, Ia meminta rekan-rekan Sat Pol PP dan Sat Linmas memiliki rasa kebanggaan menjadi anggota Sat Pol PP dan Sat Linmas. Karena di bahu merekalah harapan dari seluruh Bangsa Indonesia untuk berkontribusi menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Puncak peringatan HUT Pol PP dan Sat Linmas yang dihadiri oleh seluruh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dari seluruh pemerintah daerah se-Indonesia ini dirangkaikan dengan pemberian tanda penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada Gubernur dan Bupati/Walikota yang berkomitmen dan peduli dalam peningkatan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja. Penghargaan tersebut diberikan kepada Gubernur NTB, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Bali, Wali Kota Mataram, Wali Kota Jambi dan Bupati Lebak-Banten. 

Selanjutnya, penghargaan Karya Bhakti Sat Pol PP juga diberikan kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi/Kabupaten/Kota yang mempunyai dedikasi dan integritas tinggi dalam peningkatan peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam upaya mendukung kelancaran pemerintah daerah.  Diantaranya adalah Kepala Satuan Pol PP DKI Jakarta, Kepala Satuan Pol PP Kalimantan Barat, Kepala Satuan Pol PP Bengkulu, Kepala Satuan Pol PP Kota Mojokerto dan Kepala Satuan Pol PP Kota Cirebon.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *