Breaking News

Gubernur Bersama Dubes Polandia Tinjau Progres PLN Sambelia

Gubernur NTB Bersama Duta Besar Polandia Meninjau PLN Sambelia

Lombok Timur - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflikansyah bersama Duta Besar Polandia, Beata Stoczynska dan rombongan meninjau PLN Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Selasa (10/12/2019). Peninjauan PLN berkapasitas 2x50 MW itu untuk melihat progres pembangunan yang sudah dilakukan sejak April 2018 lalu itu.

Proyek pembangunan PLN melibatkan teknologi yang dikembangkan Perusahaan Polandia, Rafako. Sementara dana yang digunakan berasal dari Anggaran PLN dan pinjaman. Untuk pembangunannya, PLN melibatkan tenaga kerja lokal sebanyak 298 orang dan tenaga nasional sebanyak 248 orang. 

Proyek pembangunan pembangkit listrik ini, tidak hanya di Lombok, namun, juga di Sumbawa. Hanya saja saat ini, pemerintah kabupaten Sumbawa masih menyelesaikan pembebasan lahan.

Gubernur mengatakan beruntung bisa membangun kerjasama dengan Polandia, khususnya perusahaan Trafako. Kerjasama ini memberikan keuntungan bagi NTB, khususnya anak-anak NTB yang saat ini sedang menuntut ilmu di Polandia. 

"Kita berharap, anak-anak NTB yang dikirim ke Polandia, bisa membangun karir di Trafako pada perusahaan yang berbeda di sini," ungkapnya dalam Bahasa Inggris.

Kerjasama ini kata Gubernur akan memberikan dampak pada peningkatan teknologi yang ada di NTB. Apalagi yang menyangkut pembangunan industrialisasi. Sehingga, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dapat dilakukan untuk mengimbangi teknologi tersebut.

Gubernur juga mengatakan bahwa pembangkit listrik yang sama akan dibangun di Pulau Sumbawa tahun 2020. Sehingga pasokan listrik di Pulau suku Samawa dan Mbojo itu tidak mengalami kendala.

Sebagai pemerintah Provinsi, gubernur yang akrab disapa Bang Zul itu menyampaikan komitmennya untuk selalu ramah terhadap investor dan para pengusaha. "Jika ada masalah kasih tahu saya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu anda semua," tegasnya.

Duta Besar Polandia mengatakan Polandia telah banyak melakukan kerjasama dengan Indonesia di bidang investasi, salah satunya di NTB. Di NTB lanjutnya, Polandia tidak hanya menjalin kerjasama di bidang industri dan teknologi. Namun juga pendidikan.

"Terima kasih atas dukungan Gubernur yang telah mengirim anak-anak muda NTB untuk belajar di Polandia," katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa investasi yang dilakukan di NTB ini semata-mata untuk membantu masyarakat NTB, terutama pasca musibah gempa bumi tahun lalu. Pacsa gempa itu katanya, Polandia telah membantu masyarakat NTB di bidang infrastruktur, bisnis serta peningkatan sumber daya manusia.

Ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi NTB yang telah mendukung, sehingga kerjasama tersebut dapat terlaksana dengan baik. (LNG04)

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia