Breaking News

Apel Gelar Pasukan, Persiapan Pilkades Serentak 2019 Di Lombok Utara

Apel gelar pasukan, ops Mantap Praja “ Tioq Tata Tunaq  2019 dalam rangka pengamanan pemilihan Kepala Desa serentak di kabupaten Lombok Utara
Lombok Utara - Apel gelar pasukan, ops Mantap Praja “ Tioq Tata Tunaq  2019 dalam rangka pengamanan pemilihan Kepala Desa serentak di kabupaten Lombok Utara dan sekaligus dirangkaikan dengan deklarasi damai dan penandatanganan komitmen bersama yang dilaksanakan di lapangan Tioq Tata Tunaq Tanjung pada hari Jum’at,  01 Nopember 2019. 

Hadir dalam apel tersebut Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Ahyar serta anggota FORKOPIMDA, Ketua Pengadilan Negeri Mataram, Ketua Kejaksanaan Negeri Mataram, Sekda KLU, Ketua KPU KLU, Ketua Bawaslu, Kepala OPD KLU, Para Camat Se KLU, Kepala Desa dan pejabat Kepala Desa Se KLU,  Ketua BPD dan MKD Se KLU, Calon Kepala Desa, Panitia Pemilihan Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Se KLU, peserta apel dari anggota Polres Lotara, anggota Brimob, Babinsa serta unsur masyarakat.

Bupati Lombok Utara selaku pimpinan apel didampingi Kapolres Lotara, Dandim, Ketua Kejaksaan Tinggi Mataram memeriksa kesiapan seluruh pasukan pengaman dan dilanjutkan dengan penyematan pita operasi secara simbolis kepada para anggota pengaman. 

Bupati dalam membacakan amanat Kapolres Lotara menyampaikan bahwa Kabupaten Lombok Utara akan menyelenggarakan pilkades serentak pada 25 desa.

“ Sukses tidaknya perhelatan  pilkades serentak yang diselenggarakan pada tanggal 21 nopember 2019 tidak luput dari kiprah dan bhakti seluruh elemen masyarakat. Apel gelar pasukan ini merupakan reprentase dari amanah yang terkandung dalam peraturan Bupati Lombok Utara no 35 tahun 2017 tentang pemilihan kepala desa serentak. Serta manifestasi dari kesiapan kita atas tanggungjawab dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dan masyarakat untuk menjamin keamanan dan kelancaran penyelenggaran pemilihan kepala desa secara serentak tahun 2019 kabupaten Lombok Utara “ ungkab H.Najmul Ahyar

Lebih jauh H.Najmul berharap pelaksanaan yang digelar sejak 16 mei 2019 s.d 31 Januari 2020 bisa berlangsung dengan LUBER dan JURDIL. Pemilihan pilkades serentak Kabupaten Lombok Utara tahun 2019 diikuti oleh 113 calon kepala desa dengan jumlah pemilih sebanyak 134.537 daftar pemilih yang tersebar di 403 TPS di 5 kecamatan dengan jumlah pasukan pengaman dari Polri sebanyak 250 personil. Polres Lotara telah menyiapkan tiga pola pengamanan yaitu TPS Kurang rawan, TPS Rawan dan Sangat rawan akan dibantu dari unsur LINMAS dan TNI. Dan dirinya sangat optimis pilkades serentak di kabupaten Lombok Utara akan berjalan dengan baik.

Usai penyampaian amanat, Bupati di dampingi Forkopimda bersama seluruh Calon Kepala Desa membacakan dan menandatangani  Deklarasi Damai pilkades Serentak 2019. 

Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.IK, MH. Usai apel gelar pasukan kepada wartawan menjelaskan terkait pengamanan pilkades serentak 2019.

“ Memang ada beberapa desa yang kita anggap perlu pengamanan extra dan kita anggap itu sebagai daerah rawan dan perlu penebalan penambahan personil pada saat pencoblosan nanti.Terkait penambahan pasukan, akan meminta bantuan dari TNI dan akan meminta bantuan personil dari polda. “ ungkap Herman

Terkait desa yang dianggap rawan, Herman menjelaskan bahwa Desa di kecamatan Tanjung akan dilakukan penebalan pasukan. Harapan Kapolres bahwa dengan penanda penandatangan deklarasi ini yakin pilkades serentak tahun 2019 di kabupaten Lombok Utara akan berlangsung dengan aman, damai dan tertib. Namun ada beberapa calon kepada desa tidak datang pada apel siaga dan pembacaan deklarasi damai pilkades serentak, padahal pihak panitia sendiri sudah menyampaikan dan mengirimkan undangannya.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia