Breaking News

Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan Di Lingkungan Kanwil Kemenag NTB

Workshop tata kelola kearsipan ilingkungan kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan di hotel Puri Indah Mataram Jln. Sriwijaya No.132 Cakranegara mulai tanggal 11 s.d 13 Oktober 2019. 

Mataram - Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag TU H.Sirojudin yang didampingi Kasubbag Hukum dMuhammadan FKUB Drs H.Nasrullah serta ketua panitia H.Lalu Amin,SH. Jumlah peserta 90 orang yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se NTB dan merupakan pelaksana administrasi.

H.Lalu Muhammad Amin selaku ketua panitia dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan workshop ini untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang bagaimana tata cara pengelolaan kearsipan yang baik di satker. 

H.Lalu Muhammad Amin mengungkapkan bahwa arsip mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah kantor dan perlu pengelolaan arsip yang baik dan benar. Dan hal mutlak yang harus dilakukan di sebuah kantor ketika dalam membutuhkan arsip dengan cepat dan waktu yang singkat dapat ditemukan dengan cepat.

Kabag TU H.Sirojudin dalam sambutannya ketika membuka kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting.

" Arsip merupakan sumber informasi sebuah organisasi atau perorangan, arsip ini sangat penting untuk mengingat kembali dan merupakan sumber pengingat kembali " ungkap H.Sirojudin

Lebih jauh H.Sirojudin bahwa tatangan kedepan terkait kearsipan ini sangat diperlukan oleh satker dan persoalan arsip akan berpengaruh kepada efektivitas Satker. Dan dalam pemeriksaan selalu yang dicari adalah arsip. Hilangnya sebuah arsip akan bisa menghilangkan sebuah sejarah dan sistem kearsipan saat ini harus dirubah kedalam sistem kearsipan digital untuk mengurangi tempat dan lebih hemat.

Dengan sistem arsip digital ini akan mampu mengubah dan membuat suasana kerja yang nyaman. Dan perlu juga dilakukan scan atas arsip untuk diarsipkan kedalam arsip digital dan bisa dibutuhkan pada saatnya nanti.

Harapan Kabag TU kedepannya pengelolaan arsip dapat dilakukan menjadi lebih baik dan profesional.

Lebih jauh, H.Sirojudin juga menyampaikan bahwa bagaimana pun melalui arsip ini kedepannya dapat menghindari terjadinya pekerjaan yang berulang - ulang dan data yang tersimpan dengan baik dan bisa dibuka kembali pada saat dibutuhkan dan bisa digunakan dalam pengambilan kebijakan.Perkuat arsip dan data di satker masing-masing dan para pelaku dan pelaksana administrasi yang lebih berkompeten.

Acara di pembukaan ditutup dengan doa yang dipimpin Kasubbag Hukum dan FKUB Drs H Nasrullah.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia