Breaking News

1 Tahun Pemerintahan Zul-Rohmi, Inilah 6 Program Strategis NTB Gemilang


Mewujudkan NTB Gemilang menjadi visi besar dalam kepemimpinan Provinsi NTB, Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah. Hari ini tepat tahun sejak dilantiknya pasangan tersebut sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB pada September 2018, terlihat berbagai perkembangan terjadi di Provinsi NTB dari berbagai sektor.

Mataram - Sebagai upaya mewujudkan visi besar yang dicanangkan, pemerintah provinsi NTB menjabarkan visi tersebut ke dalam 6 Program Strategis. 

Program pertama, “Pariwisata Andalan dan Strategis NTB” yang terus berperan aktif mendorong peningkatan pendapatan, membuka lapangan kerja, serta menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inklusif. Program ini meliputi, pengembangan pariwisata pulau – pulau kecil (Gili), Mandalika dan MotoGP, Global dan Nasional Geopark, Wisata Halal, hingga program pengentasan kemiskinan melalui pendekatan Desa Wisata.

Program kedua, dalam bidang “Industrialisasi” yang meliputi pembangunan smelter, industri pengolahan, industri permesinan dan STIP, serta pengembangan kawasan terpadu Sakosa (Sape, Komodo, Sangiang).

Program ke tiga yaitu “Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)” yang meliputi program Beasiswa dalam maupun luar negeri, Rumah Bahasa, Revitalisasi Posyandu hingga Revitalisasi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Pemerintah NTB pun sepanjang 1 tahun kepemimpinan Zull – Rohmi telah memberangkatkan sebanyak 265 orang penerima beasiswa ke banyak negara berkembang.

Program ke empat, “NTB Ramah Investasi”. Sebagaimana harapan Presiden RI Joko Widodo yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi, Pemprov NTB pun rupanya memiliki komitmen yang sama untuk membuka peluang investasi bagi para investor. Seperti mega proyek yang saat ini sedang berjalan yakni pembangunan Global Hub Bandar Kayangan dan Pengembangan Kawasan Samota (Teluk Saleh, Moyo dan Tambora).

Program ke lima yakni ”Pengembangan Koneksivitas dan Aksesibilitas Wilayah NTB”, atau dengan kata lain memperluas akses guna mempercepat akselerasi setiap sektor dan penghubung. Bidang ini meliputi pengembangan jalan bypass penghubung Lembar – Mataram – Labuhan Lombok. Kemudian longdistance ferry pada pelabuhan, Direct Flight, pembangunan jembatan laut Lombok – Sumbawa serta pengembangan bandara dan pelabuhan.

Program terakhir, “NTB Bersih dan Berkelanjutan” dimana program ini meliputi Zero Waste atau nol sampah, taman asri dan hutan lestari yang diharapkan mampu menciptakan kesejukan serta mendukung pola hidup sehat masyarakat.

Harus diketahui juga bahwa program – program strategis itu berdasar dari pemikiran yang sederhana dari Zull – Rohmi sejak janji kampanye saat pencalonannya. Sebagaimana misi besarnya untuk membangun daerah yang benar – benar gemilang, misi ini menjadi komitmennya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2019-2023. Enam misi itu adalah mewujudkan NTB tangguh dan mantap, NTB bersih dan melayani, NTB asri dan lestari, NTB sejahtera dan mandiri, NTB aman dan berkah. (LNG04) 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia