Breaking News

Bupati Lombok Utara Melantik Pejabat Lingkup DUKCAPIL

Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Ahyar melantik dan mengambil sumpah 7 ( tujuh ) pejabat di lingkungan Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil ( Dukcapil ) Kabupaten Lombok Utara. 

Lombok Utara - Pelantikan dilaksanakan di ruang rapat Bupati pada hari jum’at 09 agustus 2019 yang dihadiri oleh para asisten di lingkup pemda KLU, Inspektorat, Plh kepala BKD Dan PSDM KLU, Kepala UPD di lingkup Pemda KLU dan Rohaniwan dari Kantor Kemenag Lombok Utara.

Adapun pejabat yang dilantik diantaranya
1. Doni Sopian Hadi, S.IP menggantikan Agung Puji Barjo Iriantono, S.IP dengan jabatan pengawas selaku kepala seksi identitas penduduk 
2. Cecep Marma Ari Wibawa  menggantikan Andi Wahyudi Dirgandara, SH  dari jabatan pengawas selaku Kepala Seksi Sistem Informasi Admisnitrasi Kependudukan, 
3. Sdri Nurul Bayati, S.Sos Jabatan pengawas selaku kepala seksi pendataan penduduk 
4. Maridep mengantikan Lasimudin, S.Sos dalam Jabatan pengawas selaku Kepala Seksi Kelahiran  
5. Lalu Fahmi Aditya, S.IP menggantikan Maridep selaku Pengawas selaku kepala seksi perubahan status anak, Kewarganegaran  dan kematian 
6. Lasimudin, S.Sos Jabatan pengawas selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian 
7. Agung Puji Barjo Iriantono, S.IP sebagai  jabatan lama Kepala Seksi identitas penduduk pada bidang layanan pendaftaran  jabatan baru Kepala seksi ketersediaan dan kerawanan pangan pada dinas ketahanan  dan pertanian pangan.


Dalam sambutannya H.Hajmul  Ahyar mengungkapkan bahwa  keterlambatan pelantikan pejabat esselon di lingkungan dinas Dukcapil dikarenakan menunggu keputusan menteri dalam negeri sehingga tidak tepat bersamaan dengan pelantikan pejabat yang lain. 

“ Ini artinya bahwa bagi pejabat di dinas dukcapil harus menjadi pemikiran , bahwa SK pejabat di dukcapil selain disetujui oleh Bupati dan juga di SK kan oleh menteri dalam negeri, artinya tugas ini bukan tugas yang ringan “ ungkap H.Najmul

Lebih jauh, H,Najmul menyampaikan bahwa pengangkatan pejabat di lingkungan dinas dukcapil sudah dilakukan secara matang dan tidak sembarangan karena harus juga mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri, harapannya, Kinerja para pejabat yang dilantik bisa lebih bagus dan lebih baik.

H.Najmul mencontohkan bahwa kabupaten Lombok Utara adalah kabupaten dengan pembangunan kependudukan yang sudah mendapat tempat baik di tingkat provinsi bahkan di tingkat nasional. Inovasi yang telah dilakukan oleh Dinas Dukcapil adalah percepatan penerbitan akte kelahiran dan hak hukum anak di KLU adalah sangat penting. 

Dan proses percepatan penerbitan akte kelaihiran di Lombok Utara rata – rata melebihi rata – rata provinsi dan nasional dan saat ini KLU sedang membuat inovasi baru yaitu membuat akte kelahiran secara online dengan istilah “ BAKSO URAT “. 

Masyarakat bisa mendaftarkan pembuatan akte kelahiran secara online melalui hape android dengan mempercepat proses pelayanan penerbitan akte kelahiran lebih cepat. (LNG06) 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia