Popular Posts

HEADLINE NEWS

Menuju 100 % Posyandu Keluarga, Ketua TP PKK Lobar Resmikan 61 Posyandu Keluarga se Wilayah Sekotong


Sekotong,– Puskesmas Pelangan Launching 61 Posyandu Keluarga yang dihadiri oleh Ibu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Camat Sekotong, Kapolsek Sekotong, NGO, Dompet Dhuafa , Lima Kepala Desa ( Pelangan, Batu Putih, Sekotong Barat, Kedaro dan Gili Gede Indah) bertempat di Aula Kantor Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Lobar, Rabu (30/6/2021).


Ketua TP PKK Kecamatan Sekotong Ibu Edrina dalam laporannya menyampaikan, “pada hari ini kami melaunching 61 posyandu keluarga di Lima Desa wilayah kerja Puskesmas Pelangan yang akan di launching oleh ibu Ketua TP PKK Lobar, sekaligus dilanjutkan dengan pemberian Surat Keputusan (SK) Posyandu Keluarga oleh Ibu Ketua TP PKK Lobar kepada Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Sekotong,” Ujarnya.


Ibu Ketua TP PKK Lobar Hj. Khaeratun dalam sambutannya menyampaikan, “TP PKK Lobar mengapresiasi Puskesmas Pelangan dan Lima Kepala Desa yang sudah merevitalisasi Posyandu Konvensional menjadi Posyandu Keluarga menjadi 100% di Wilayah Kerja Puskesmas Pelangan, dengan adanya posyandu keluarga, anak anak remaja dapat diberdayakan terutama berkaitan dengan daerah wisata,” tuturnya.


“pentingnya posyandu keluarga yang dapat mempermudah pemberdayaan masyarakat karena semua sudah terintegrasi dalam posyandu keluarga mengingat Desa Pelangan merupakan salah satu Desa wisata yang ada di Lobar,” Tegasnya.


“melalui posyandu keluarga diharapkan juga dapat menurunkan angka stunting termasuk dalam menurunkan angka perkawinan dini, TP PKK juga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lobar dalam hal mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk anak remaja,” Tambahnya.


“saat ini posyandu keluarga di Lobar sudah mencapai 935 posyandu keluarga. dengan harapan posyandu keluarga akan tercapai 100% pada akhir Desember

 Tahun 2021 ini. Saya sangat mengapresiasi para Kades dan para Kader yang menjadi ujung tombak dalam posyandu keluarga ini,” Tutupnya.


Launching ini secara simbolik di lakukan dengan membuka tirai dan memukul gong yang dilakukan oleh Ibu Ketua TP PKK Lobar didampingi Ketua TP PKK Kecamatan dan Kabid Kesmas serta Lima Kepala Desa.


Dalam kesempatan yang sama Kadis Dukcapil Bapak Hendra Yadi menyampaikan, “Sosialiasi mengenai pelayanan yang telah dilaksanakan Disdukcapil dengan melakukan kerjasama antara Disdukcapil dan TP PKK Lobar dalam hal mempermudah pembuatan KTP, termasuk usia rentan (sakit-sakitan dan difabel) agar di laporkan lalu selanjutnya tim Dukcapil akan turun melakukan perekaman KTP. beliau menegaskan bahwa layanan dukcapil adalah gratis, jika berbayar maka itu adalah penipuan. semoga kerja sama kami dengan TP PKK melalui layanan posyandu keluarga ini bisa di permudah dan berjalan lancar,” Pungkasnya.


Dalam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama seluruh lintas sektor dan penyerahan sertifikat Desa Siaga kepada lima Desa di Kecamatan Sekotong dan Dompet Dhuafa.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *