Breaking News

Langkah Terbaru Penanganan Covid di NTB Kapolda Gagas Metode TFG


MATARAM - Langakah Terbaru Pencegahan Covid di NTB adalah dengan metode TFG (Tactical Floor Game), inisiasi Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K MH.


Langkah terbaru gagasan Kapolda NTB itu diapresiasi Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi, M. Pd., sebab metode TFG itu dipercaya dapat memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19 di NTB, karena sangat tersistematis.


"Apalagi dengan adanya informasi bermunculan pandemi Covid-19 ini yang bermutasi dengan varian yang baru, harus menjadi atensi bersama," kata Wagub saat mengjadiri rapat kesiapan antisipasi Eskalasi Outbreak dan potensi transmisi Covid-19, kunjungan skala Nasional dan International di NTB, di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kamis (10/6/2021).


Untuk itu, Wagub ingin metode TFG yang digunakan Polda NTB dalam penanganan Covid di NTB, harus dibangun dengan sebuah sistem yang terstruktur dan rapi, agar bila terjadi lonjakan Covid-19 di NTB  secara tidak terkendali, dapat teratasi secara sistematis dan terstruktur dengan baik.


"Kami kira ini langkah yan bagus, dalam upaya tindakan promotif dan preventif sangat dibutuhkan dalam pengendalian Covid," ungkap Rohmi. 


Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen. Pol. M. Iqbal, S.I.K., M.H., mengatakan metode TFG (Tactical Floor Game), Merupakan langkah untuk melaksanakan kegiatan antisipasi Outbreak penularan Covid-19 di NTB.


Hal itu dimakaudkan Iqbal, untuk mengantisipasi bila terjadi lonjakan penderita Covid-19. Maka, untuk itu Kapolda NTB mengingatkan agar jangan terlena dan lengah dengan keadaan melandainya angka penderita Covid, Upaya proaktif dan prefentif harus dilaksanakan untuk menghadapi hal tersebut, dengan cara menghadirkan steakholder yang ada, memastikan kesiapan dan tugas masing-masing. 


"Apa yang harus dilakukan, siapa yang bertanggungjawab itu jelas," tegasnya.


Sehingga jika terjadi hal terburuk tentang Covid-19 di NTB, sistem sudah terbentuk. Semua stake holder sudah tau apa yang harus dilakukan. 


"Sampai menejemen kuburanpun harus sudah siap," katanya


Dia juga menegaskan supaya anggaran, tenaga kesehatan, fasilitas seperti tempat tidur, puskesmas dan bahkan hotel harus siap, apabila dibutuhkan sebagai tempat isolasi.


"Artinya, negara harus sedini mungkin mempersiapkan sistem untuk pencegahan Covid di NTB, Tidak ada yang menginginkan sesuatu itu terjadi. Tapi negara harus siap," pungkasnya.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia