Popular Posts

HEADLINE NEWS

Pengurus ICBS Resmi Dibentuk, Angin Segar Bagi UKM NTB




Kini angin segar mulai dirasakan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Provinsi NTB. Pasalnya, UKM-UKM tersebut akan mendapat dukungan pemberdayaan dan pengembangan dari organisasi International Council for Small Business (ICSB). ICSB merupakan organisasi internasional yang bergerak pada pemberdayaan UKM di seluruh dunia, berpusat di Washington, Amerika Serikat. Dan memiliki jaringan di 85 negara, Indonesia sendiri bergabung dengan  ICSB sejak tahun 2015 lalu.

Perluasan pengurus ICBS mulai merebak di berbagai daerah di Indonesia guna meningkatkan pemberdayaan UKM di seluruh pelosok. Karena itu, pengurus ICBS Wilayah NTB resmi dibentuk. Ketua Dekranasda Provinsi NTB Dr. Hj. Niken Saptarini Widyawati dilantik menjadi ketua bersama 14 pengurus lainnya yang dipimpin langsung oleh Presiden ICSB Indonesia, Dr. Jacob Silas Mussry secara virtual di pendopo gubernur, Senin (13/07/2020).

"Pembentukan pengurus ICBS baru di wilayah NTB diharapkan dapat membantu dan mengembangkan UKM-UKM di NTB," harapnya usai melantik.

Ia menjelaskan, ISBC merupakan organisasi nonprofit yang fokus pada pemberdayaan UKM serta membangun semangat kewirausahaan di Indonesia. Juga didukung oleh 4 pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UKM di tanah air, yaitu Pemerintah, Pendidikan, Penelitian serta pelaku bisnis. ICBS  sekaligus sebagai organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia.

"Saya berharap, ICSB hadir menguatkan kapabilitas pelaku usaha kecil menengah di provinsi NTB, meski ditengah Pandemi Covid-19,” ujarnya. Dikatakanya, hingga saat ini ICSB Indonesia telah melibatkan unsur-unsur tersebut dalam berbagai kegiatan yang diadakannya, baik di tingkat nasional maupun lokal.

Sementara itu, Ketua ICSB Provinsi NTB terpilih, Dr. Hj. Niken Saptarini Widyawati mengatakan UMKM harus didukung dan dikembangkan. Sebab UMKM begitu penting dalam menyerap tenaga kerja, sangat strategis dalam perkembangan ekonomi di wilayah, dan menopang perekonomian nasional.

“Kami mengajak semua para pelaku UKM untuk bergandengan, saling membantu, saling mendukung dalam rangka membangkitkan pelaku usaha di NTB,” kata perempuan yang akrab disapa Bunda Niken

Dijelaskan Bunda Niken, Organisasi ICBS merupakan organisasi baru di NTB yang ditandai dengan pembentukan pengurus. Untuk itu, Bunda Niken berjanji akan belajar lebih cepat, lebih banyak dan lebih giat guna mengembangkan UMKM di provinsi NTB. Menurutnya, UMKM merupakan salah satu kunci keberhasilan NTB. 

“Kami yakin, UMKM yang tangguh, UMKM yang unggul merupakan kunci NTB gemilang,” 

Selain itu, Gubernur NTB Dr.H.Zulkeflimanysah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus ICSB Wilayah Provinsi NTB. Gubernur berharap, pengurus dan anggota yang tergabung dalam Internasional Council For Small Business (ICSB) memberi peran strategis dalam hal Roadmap pengembangan kewirausahaan secara holistik di NTB yang melibatkan semua pihak dan menjadi payung organisasi UKM daerah. 

“Selamat kepada pengurus ICSB wilayah NTB. Semoga keberadaan ICSB dapat mendorong peningkatan jumlah dan kualitas UMKM di Provinsi NTB. Sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan pendampatan dan kesejahteraan masyarakat,” harap gubernur singkat 

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut diantaranya, Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Aryadi, perwakilan dari Polda NTB dan Danrem 162/WB, 14 pengurus ICBS Provinsi NTB serta Forkompinda lingkup Pemerintah NTB.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *