Popular Posts

HEADLINE NEWS

Berkain, Cara Mencintai Budaya Bangsa


Mataram-Peran wanita dalam membantu pembangunan Provinsi NTB kian terasa. Banyaknya organisasi - organisasi wanita cukup mampu mendorong perekonomian masyarakat, melestarikan budaya dan mempromosikan hasil kreasi lokal NTB. 

Hal ini diakui oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., pada acara HUT Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) NTB, yang berlangsung di Hotel Astoria Mataram, Rabu (26/02/2020).

"Organisasi wanita NTB sangat memiliki peran penting bagi pembangunan daerah. Salah satunya yakni Komunitas Cinta Berkain Indonesia, yang melestarikan budaya melalui beraneka jenis kain khas NTB,” ungkapnya .

Keragaman jenis kain tenun menjadikan NTB kaya akan motif kain tenun. Dibandingkan dengan provinsi lain, NTB memilik jenis kain yang sangat banyak. Bahkan masing-masing daerah yang ada di Provinsi NTB memiliki jenis kain dengan motif yang beragam. 

Mengungkap kaitannya tentang nilai budaya, Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub, juga berharap kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi penggunaan produk tenun printing. Selain sebagai komitmen untuk menumbuhkan kecintaan terhadap warisan budaya, penggunaan kain tenun tradisional merupakan salah satu upaya bersama memajukan UMKM di NTB.

"Agar nilai – nilai kebudayaan kita tidak luntur, sebaiknya sebagai warga yang baik kita harus menggunakan kain tenun yang tidak printing sekaligus memajukan UMKM kita,'' ajaknya.

Dikesempatan yang sama, Sesepuh Organisasi Wanita Hj. Niken Saptarini Widyawati, mengajak organisasi wanita supaya terus berusaha meningkatkan sinergi. Terutama bagaimana agar kaum muda bisa belajar mencintai produk kain yang sekaligus merupakan budaya bangsa. 

"Sehingga ini tantangan kita semua agar anak - anak kita memiliki kecintaan kepada budaya kita," ungkapnya. 

Hari Ulang Tahun Ke - 3 KCBI NTB bertajuk Pesona Berkain Nusantara Melestarikan Budaya Bangsa.

Sementara itu, Ketua Panitia acara ini, Enda Yuli Astuti, S.T., mengatakan KCBI seringkali mengadakan berbagai kegiatan seperti kegiatan sosial, kursus tutorial dan pameran. 

"Kami berharap agar Pemerintah NTB dapat terus bersinergi untuk dapat mengadakan berbagai event dengan KCBI," harapnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *