Popular Posts

HEADLINE NEWS

Sejarah Juang Resimen Mahasiswa (Menwa)

Anggota Calon Resimen Mahasiswa Pada Saat Diklatsar

Mataram - Sejarah singkat keberadaan Resimen Mahasiswa (MENWA) mulai dari kelahirannya sampai munculnya Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tahun 2000.

Beberapa peristiwa sebelum munculnya SKB 3 Menteri antara lain:
Tanggal 13 juni - 14 september 1959 diadakan wajib latih bagi para mahasiswa di jabar. Pada tgl 19 desember 1961 di yogyakarta, komando pimpinan besar revolusi presiden ri bung karno mencetuskan trikora. Seluruh rakyat menyambut komando ini dengan gegap gempita dengan semangat revolusi untuk merebut irian barat; termasuk juga mahasiswa.

Pada 20 januari 1962 dibentuk suatu badan koordinasi yang diberi nama badan persiapan pembentukan resimen serba guna mahasiswa dam VI Siliwangi (disingkat bpp) resimen mahasiswa dam VI/Siliwangi.

Pada februari 1962 diadakan refreshing course selama sepuluh minggu di resimen induk infantri dam VI/Siliwangi.

Pada 20 mei 1962 anggota resimen mahasiswa angkatan 1959 dilantik oleh pangdam VI/SLW.

Pada 12 juni 1964 keluar surat keputusan menteri koordinator komponen pertahanan dan keamanan dr. A.h. nasution jenderal tni yang mengesahkan duaja resimen mahawarman.

Anggota menwa di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (ukm). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan ukm lain dan berada langsung dibawah rektorat, di bawah pembinaan kementerian pertahanan melalui komando kewilayahan.

Dari tahun 1964 s.d. tahun 2000. Menwa merupakan organisasi kemahasiswaan dalam pembinaan kemhan melalui komando kewilayahan. 

Semenjak terbitnya surat keputusan bersama (skb) tiga menteri tahun 2000, maka menwa berada di bawah pembinaan perguruan tinggi sebagai unit kegiatan mahasiswa (ukm), tidak lagi di bawah pembinaan kemhan, namun aktivitas menwa masih ada yang bekerjasama dengan komando kewilayahan tni untuk membina dan melaksanakan aktivitas yang relatif sama dengan sebelum keluarnya skb tinggi menteri tahun 2000", ungkap Sulman Haris,M.Pd.I, Sekretaris DPP IARMI NTB saat memberikan materi Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Ke-XII di Bumi Perkemahan Jakamandala.


(LNG01/LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *