Breaking News

6 Cara Berburu Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan

Ilustrasi (Foto: Ticketstripe.com)

Liburan menyeberang pulau atau keluar negeri pasti menggunakan moda transportasi pesawat. Sayangnya harga tiket pesawat tergolong mahal, sehingga banyak orang yang berpikir ulang ketika ingin liburan dengan menggunakan pesawat.


Namun hal tersebut bukanlah menjadi halangan ketika kamu ingin berlibur. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Bahkan sekarang ini kamu bisa bayar tiket pesawat pakai Paylater.

Traveloka sebagai aplikasi ticketing dan pariwisata memiliki fitur Traveloka Paylater yang memungkinkan kamu bayar tiket pesawat pakai Paylater. Kamu cukup membeli tiket pesawat dan membayarnya di lain waktu. Bahkan kamu bisa membayarnya dengan mencicil, liburan jadi tidak memberatkan bukan.


Traveloka Paylater 

Traveloka Paylater  merupakan fitur yang terdapat aplikasi Traveloka yang memungkinkan kamu booking tiket pesawat bayar nanti. Sederhananya transaksi booking tiket pesawat akan ditalangi oleh PT Caturnusa Sejahtera Finance sebagai perusahaan pembiayaan, selanjutnya kamu bisa melunasi sesuai waktu yang telah disepakati.


Dengan menggunakan Traveloka Paylater maka kamu bisa membeli semua kebutuhan liburan kamu seperti tiket pesawat, tiket kereta, bus, booking hotel, rental mobil, dan tiket obyek wisata dengan cara mencicil. 


Pada dasarnya sistem Paytlater Traveloka ini hampir sama dengan kartu kredit yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Sederhananya Paylater Traveloka ini adalah kartu kredit versi digital. Perbedaanya kamu melakukan seluruh transaksi melalui smartphone.


Untuk kamu yang ingin menggunakan fitur Traveloka Paylater maka kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Syaratnya kamu sudah berusia 21 tahun dan maksimal 70 tahun,  kemudian kamu mengisi formulir data diri dan mencantumkan KTP sesuai dengan data.


Selanjutnya kamu cukup menunggu selama 15 menit hingga 60 menit untuk mengetahui apakah permohonan kamu disetujui atau ditolak. Jika disetujui  maka kamu memiliki saldo mulai Rp 10 juta hingga Rp 50 juta.


Tips mendapatkan tiket murah

Setelah kamu mengetahui bayar tiket pesawat pakai Paylater bisa dicicil maka ada juga beberapa cara berburu tiket pesawat murah yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah: 


1. Beli paket penerbangan dan hotel 

 Apakah berencana bermalam di tempat tujuan? Daripada memesan secara terpisah, belilah paket yang sudah termasuk tiket pesawat dan kamar hotel. Pemesanannya lebih mudah, dan harga yang ditawarkan bisa lebih murah. 

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil paket. Misalnya saja pilihan kamar hotel yang lebih terbatas agar sesuai dengan harganya. Demikian pula, kelas kursi maskapai penerbangan terkadang tidak dapat kamu tentukan sendiri. 


2. Pisahkan tiket pesawat terpisah  

Letak tempat duduk di dalam kabin seringkali mempengaruhi harga tiket. Misalnya, kursi di dekat ruang mesin seringkali dijual dengan harga murah, namun ada risiko penumpang tidak nyaman mendengar kebisingannya. 

Kemudian, pengaturan tempat duduk akan lebih terbatas jika pembelian dilakukan secara berkelompok dan banyak orang perlu mengambil tempat duduknya di tempat lain. Oleh karena itu, untuk memudahkan pembayaran tiket pesawat dengan Paylater, sebaiknya beli secara terpisah. 


3. Bayar dengan mata uang berbeda 

Membayar tiket dalam mata uang negara tujuan membantu mengurangi biaya. Mengapa demikian? Erica Ho, pakar perjalanan dan editor Map Happy, mengatakan sistem pemesanan tidak akan memperlakukan konsumen sebagai wisatawan. 


4. Bawalah barang-barang penting saja 

Orang yang melakukan perjalanan mungkin mengetahui bahwa membawa lebih dari jatah bagasi akan dikenakan biaya tambahan. Tentu saja, biaya pembelian tiket akan meningkat karena bagasi yang berlebihan. Sebelum keluar, periksalah barang-barang yang kamu masukkan ke dalam tas atau dompet dua kali. Menyesuaikannya dengan iklim negara yang kamu tuju. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membawa pakaian berwarna biru netral yang mudah dipadukan satu sama lain sehingga mudah untuk dikurangi. 


5. Pilih dua maskapai penerbagan yang berbeda 


Calon pembeli yang ingin bayar tiket pesawat pakai Paylater dengan harga lebih murah sebaiknya menggunakan dua maskapai berbeda. Pasalnya hingga saat ini belum ada jaminan mendapatkan harga termurah dengan memesan di satu tempat. 

Pertimbangkan dengan cermat satu maskapai penerbangan untuk perjalanan maskapai penerbangan dan lainnya untuk penerbangan eksekutif.  Proses ini juga berlaku untuk penerbangan pulang pergi, sangat sulit ditemukan. 

Lakukan riset untuk membandingkan harga berdasarkan lokasi kursi, waktu, dan peningkatan yang ditawarkan. 


6. Pertimbangkan bandara lain 

Memilih bandara lain bisa menjadi pilihan untuk menekan pengeluaran sekaligus menekan biaya. Lokasi bandara ini biasanya tidak jauh dari bandara utama. Kemudian, jika tujuan kamu masih jauh, gunakanlah transportasi darat seperti taksi, bus, dan kereta api untuk melakukan perubahan seperlunya. 


Sekilas, proses ini agak aneh. Namun bandara lain menawarkan keuntungan lain di luar harga tiket pesawat murah. 

Misalnya saja kawasan yang kurang sibuk seperti bandara utama sehingga lebih mudah diakses. Untuk memaksimalkan pemesanan, gunakan Traveloka untuk membeli dan bayar tiket pesawat pakai Paylater 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia