Breaking News

Lalu Iqbal, Miliki Segudang Pengalaman, Berpeluang Besar Tampil di Pilgub NTB,

Lombok Timur-Dr. Lalu Muhammad Iqbal miliki segudang pengalaman dinilai berpeluang besar untuk tampil di jadi Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Barat. Hal itu terlihat dari keseriusanya bersilaturahim ke tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan aktifis dan pemuda sebagai kandidat bakal calon Gubernur 2024.

Usman, S.Pd seorang aktifis Pendidikan dan Pekerja Migran di Nusa Tenggara Barat menilai Lalu Iqbal adalah figur yang kuat dan berpeluang besar menjadi bisa memenangkan menjadi Gubernur di tahun 2024 ini, beliau memiliki segudang pengalaman dan prestasi di tingkat nasional dan internasional, pernah menjadi sebagai Duta Besar (Dubes) Negara Turki, saat ini menjabat Staf Khusus Menteri Luar Negeri Bidang Penguatan Infrastruktur Diplomasi dan merangkap sebagai juru bicara Kemlu.”bebernya

Lalu Iqbal lahir di Praya, Lombok Tengah pada 10 Juli 1972. pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam di Pabelan, Jawa Tengah. Kemudian melanjutkan studinya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, jurusan Hubungan Internasional, dan Universitas Gadjah Mada, Jurusan Sejarah. Kemudian menuntaskan studi master untuk jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. kemudian menamatkan studi doktor nya di bidang politik Universitas Bucharest pada 2005.

Lalu Iqbal di kenal menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi semasa kuliah.  beliau aktif di Korps Mahasiswa HI (KOMAHI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senat Mahasiswa, hingga lembaga pers kampus. beliau juga aktif di kelompok studi Lingkaran, yaitu komunitas untuk bertukar pikiran dan gagasan di kalangan mahasiswa Yogyakarta pada 1990-an.

Usman menambahkan, Lalu Iqbal mulai meniti kariernya di Kementerian Luar Negeri telah melanglang buana. Ia mulai bertugas di Pejambon sejak 1998. Tuga-tugas yang pernah ia emban adalah:

·  Sekretaris Ketiga Kasubid Pensosbud/Konsuler di KBRI Bucharest, Rumania (2001-2005).

· Kepala Seksi Kejahatan Terorganisir Lintas Negara, Direktorat Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral (2006-2008).

·    Counsellor fungsi politik untuk KBRI/PTRI di Wina, Austria (2008-2012).

·   Kepala Subdit di Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (2012-2014).

·  Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (2016-2019)

·    Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki (2019-2023)

Selama beliau bertugas sebagai Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Iqbal telah terlibat dalam berbagai proses evakuasi, mulai dari evakuasi WNI dari Nepal dan Yaman (2015), dari Suriah dan pembebasan WNI yang disandera di Filipina (2016-2018), dan pemulangan TKI dari Arab Saudi dan Malaysia.”kata Usman

Di samping, miliki segudang pengalaman dan prestasi, Lalu Iqbal memiliki pengalaman 15 tahun dalam menangani Pekerja Migran Indonesia (PMI) beliau pakarnya, kelau beliau terpilih jadi Gubernur NTB,  akan lebih mudah untuk mengatasi yang selama ini yang selama ini permasalahan PMI,  NTB yang menjadi pengirim urutan ke 4 se-Indonesia, di samping itu “Lalu Iqbal, orangnya biasa-biasa, berpenampilan sederhana, ramah, dan ganteng dengan kegantengannya juga bisa menjadi maghnet untuk menggaet suara milinial, “tutup Usman

 

 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia