Breaking News

Kasus PMI NTB Menurun Signifikan, SBMI NTB Apresiasi Pemprov. Dan Pemda Lotim

Pada tahun 2020 sampai 2023 lalu masyarakat asal Nusa Tenggara Barat banyak yang rekrut dan di berangkatkan secara ilegal merupakan salah satu pintu masuknya kejahatan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Karena itu pencegahan TPPO dilakukan melalui rutin di lakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia Nusa Tenggara Barat (SBMI NTB) Usman, S.Pd. mengakui beberapa bulan ini hampir tidak ada pengaduan  dari masyarakat ataupun korban PMI, biasanya hampir setiap hari  pasti ada saja yang datang mengadu/melapor minta pendampingan dari  Calon PMI, PMI dan atau keluarga PMI, “katanya kamis 29 Pebruari 2024.   

“Jika ada Masalah atau persoalan pada CPMI, PMI pasti dilakukan penanganan yang komprehensif dan keterlibatan semua pihak. Tidak mungkin pemerintah bisa sendiri. Kalau untuk regulasi pemerintah mempunyai program yang bagus, tapi untuk eksekusi harus keterlibatan semua pihak,”ujarnya.

Pemerintah propinsi melalui Disnakertransmigrasi Propinsi dan Disnakertransmigasi kabupaten/kota. terutama lombok timur serius melakukan pencegahan PMI berangkat secara ilegal dan pencegahan tindak pidana perdagngan orang (TPPO) melalui sosialisasi dan menedukasi masyarakat dengan melibatkan banyak pihak dan kerjasama toga/toma LSM/Ormas dan sekolah .

Sambung Usman pentingnya untuk terus mengkampanyekan dan mengedukasi agar CPMI menempuh jalur resmi, jika ingin berangkat bekerja ke luar negeri menjadi PMI, juga menutup celah permainan para calo dan oknum yg tidak bertanggungjawab untuk menawarkan berangkat bekerja di luar negeri secara unprocedural dengan iming-iming proses cepat dan gaji besar."katanya


“Tidak sedikit masyarakat awam yang tergiur. Karena ketidakfahamannya  tentang perdagangan orang, dijual kepada majikan-majikan di luar negeri, sehingga terkadang mereka bekerja tanpa gaji penuh bahkan ada yang tidak mendapatkan gaji sama sekali serta lebih ironis lagi ada yang mendapatkan perlakuan kurang manusiawi,”ungkap usman.

Usman Ketua SBMI NTB mengapresiasi langkah Disnakertransmigrasi NTB dan Disnakertransmigrasi Kabupaten/kota khusus Lombok Timur yang telah bekerjas keras dalam melakukan pecegahan PMI berangkat secara unprosedural dan pencegahan TPPO.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia