Breaking News

Museum Negeri NTB Gelar Kegiatan Pameran Temporer Tahun 2023

Kurator James Bennet bersama Kepala Museum NTB Ahmad Nuralam saat berdiskusi terkait pameran temporer di Museum Negeri NTB.

Mataram, NTB - Dinas Dikbud NTB melalui Museum NTB menyelenggarakan Pameran Temporer Koleksi Museum Negeri NTB bertema "Kenang-Kenangan dari Seribu Tahun" bertempat di Museum Negeri NTB, Rabu, (13/12).

Kepala Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam, MH menyampaikan pameran ini merupakan kegiatan rutin museum setiap tahun dalam mensosialisasikan dan memenuhi fungsinya sebagai sarana pendidikan non formal.

"Dengan kata lain adanya pameran ini masyarakat dapat menambah pengetahuan tentang sejarah, dan masyarakat lebih memahami dan menghargai benda-benda peninggalan masa lalu," kata bang Alam sapaan akrab Kepala Museum NTB.

Pameran ini merupakan Pameran Temporer Museum NTB. Dimana pameran ini diinisiasi bahwa NTB merupakan tempat persilangan kebudayaan dan persilangan perdagangan internasional sejak seribu tahun yang lalu.

"Banyaknya keramik yang tersebar di seluruh NTB menunjukkan bahwa silang budaya itu membawa keramik dari ribuan kilometer dan tersimpan baik di Museum Negeri NTB," ujarnya.

Perjalanan seribu tahun keramik mencerminkan bahwa masyarakat NTB adalah warga dunia yang dinamis, terbuka dan toleran. Dalam menampilkan keindahan tersebut Museum NTB bekerjasama dengan Kuretor Senior MAGNT James Bennet, Ph.D yang berasal dari Australia.

Jumlah koleksi yang dipamerkan sebanyak 170 buah yang terdiri dari keramik, wastra dan naskah lontar. Dalam pelaksanaan ini pameran dibagi menjadi lima tema, yaitu ; cerita bisu dari masa lalu, harta dari laut, keramik pada zaman rempah-rempah di NTB, dan Dari mana seniman keramik mencasi inspirasi?.

"Suatu kebanggan dari Museum Negeri NTB dapat menampilkan karya seni dari seluruh belahan dunia kepada masyarakat NTB," jelas Bang Alam.

Kegiatan Pameran Temporer yang bertajuk budaya ini dilaksanakan mulai tanggal 13 Desember s/d 29 Februari 2024 di Aula Museum Negeri NTB dan sebagai inti dari pengalaman yang ditawarkan museum kepada masyarakat, serta juga bermakna untuk menyampaikan misi museum.


Sementara kurator James Bennet mengatakan pameran ini merupakan bukti peran penting Provinsi NTB dalam perdagangan maritim global yang menghubungkan kedua pulau.

"Ini merupakan kisah sejarah panjang mengenai keterlibatan provinsi, di dalam interaksi lintas budaya antar bangsa termasuk dengan Tiongkok, Jepang, Vietnam Thailand, Belanda, dan Inggris selama zaman rempah-rempah dari abad ke-10 sampai abad ke-19," jelas James.

"Semoga pameran ini dapat meningkatkan kesadaran dan dukungan material dari pemerintah, dan masyarakat terhadap kekayaan koleksi tetap museum NTB sebagai sumber nyata untuk mempromosikan pariwisata baik dalam negeri maupun luar negeri," harapnya.

Turut hadir Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Dikbud NTB, Ketua Dekranasda Provinsi NTB terkait penerima souvenir, dan SMK 5 Mataram sebagai rekan kerjasama Museum Negeri NTB.  

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia