Breaking News

Menuju NTB Maju Melaju dan Menekan Inflasi, Dinas ESDM Beri Bantuan 55 Paket Telur

Kepala Dinas ESDM H. Sahdan, ST,.MT bersama Kepala Desa saat kegiatan Jumat Salam di Bima.

Bima - Pelaksanaan Jumat salam di Kota Bima dimulai dengan melakukan olahraga dan penanaman pohon mangrove di sepadan pantai sekitar Kawasan Objek Wisata Amahami. Sabtu, (2/12).

Jumat Salam di Kelurahan Lampe Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, memiliki Luas Wilayah 72,3 Ha merupakan lokasi yang menjadi tujuan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB dalam menyalurkan bantuan telur sebanyak 55 paket (10 Butir telur/Paket).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka koordinasi, konsolidasi dan menyerap aspirasi warga masyarakat terkait dengan program yang akan, sedang dan yang belum dilaksanakan.

Pada Kegiatan Jum’at Salam, "alhamdulillah di hadiri juga oleh Pak lurah, Kepala BPD, perangkat lurah, Tokoh Masyarakat, Babinsa, Babinkamtibmas serta penerima Bantuan".

Kepala Dinas ESDM H.Sahdan, ST,.MT yang dampingi Kepala Bidang Kelistrikan dan Kepala Bidang GAT menyampaikan bantuan telur yang diberikan oleh Dinas ESDM diperuntukkan untuk mengurangi stunting dan bagi keluarga yang tidak mampu, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dan Bantuan Telur Ini telah di peroleh melalui Kerjasama yang baik dan terarah dari Mitra Kerja Dinas ESDM.


H. Sahdan juga menjelaskan tentang program yang ada di Dinas ESDM, mulai dari perizinan air dan tanah, pemasangan listrik gratis yang tergolong rakyat miskin, kemudian Bidang Energi tentang pengelolaan Energi Baru Terbarukan dan Pertambangan yang juga menjadi bagian tugas pokok dinas.

Proses komunikasi dan diskusi berlangsung dengan hangat dan penuh kekeluargaan antara warga, sehingga menghasilkan beberapa aspirasi masyarakat sekitar.

Adapun beberapa Aspirasi yang disampaikan masyarakat setempat, diantaranya :

  1. Drainase dengan melakukan Koordinasi dengan PUPR untuk pembangunan saluran air kurang lebih sepanjang 400 m. 
  2. Bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau berupa Tungku dan alat lainnya yang akan di koordinasikan dengan penerima DBHCHT seperti Dinas Pertanuian, Dinas Perindag dan BAPPEDA Prov NTB.
  3. Pembangunan Fisik Jalan dan Peralatan alsintan akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi NTB. Selain itu dilakukan Pembuatan Proposal untuk pembangunan Fisik Desa dan Peralatan serta mesin pertanian ke Perwakilan Dewan tingkat Kabupaten, Provinsi dan DPR RI.
  4. Bantuan Masjid yang ada di Lampe agar bisa di sampaikan ke PJ Walikota Bima.
  5. Penanganan DAM, Kadis ESDM menjelaskan jika kewenangan luasannya 1000 s/d 3000 kewenangan Prov, dibawah 1000 kewenangan Kab/Kota dan diatas 3000 Ha kewenangan Pusat melalui BWS. Dengan RC yang lengkap. Akan di koordinasikan dengan baik bersama PU Kota Bima, PUPR Prov NTB dan Instansi Vertikal seperti BWS dan BPPW. DAM untuk menaikkan muka air yang akan di alirkan ke sawah. Lebar kurang lebih 40 M dan kedalaman 7 M (pondasi 2,5 M) tinggi 4,5 M.
  6. Lampu Jalan tenaga Surya yang menjadi kebutuhan warga akan di koordinasikan dengan Dinas Perhubungan dan Instansi terkait.
  7. KWT organisasi Wanita membutuhkan Permodalan untuk bakulan dan alat UMKM. Akan di komunikasikan dengan mitra seperti BSI untuk bantuan Permodalan dan dari Dinas Koperasi dan UMKM.
  8. Persampahan membutuhkan terkait program untuk Roda tiga dan Pick UP yang tentunya akan di komunikasi dengan DLHK Prov dan Kota Bima.
  9. Peningkatan UMKM dilakukan Koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan serta Dinas Tenaga Kerja untuk melakukan Pelatihan, pengadaan peralatan dan pemasaran serta tata kelola organisasi.

Dengan Moto SM3 (Saling Mengingatkan, Mengisi dan Menguatkan) akan menjadikan Jum’at salam yang kami lakukan bisa bernilai ibadah menuju NTB Maju Melaju, tandasnya.  

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia