Breaking News

Dua Siswa SMAN 1 Pringgarata Berhasil Raih Juara, Kadikbud NTB Beri Apresiasi

Dua Siswa SMAN 1 Pringgarata berhasil mengharumkan nama sekolah dalam ajang internasional.

Lombok Tengah - Dua Pelajar SMAN 1 Pringgarata yang menjadi contestant perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Indonesia ternyata mampu menyabet juara dalam Event Contest King and Queen Republic Internant Internasional di Filiphina yang berlangsung sejak tanggal 15 Desember 2023 pekan lalu.

Kedua siswa itu adalah Anil Baehaqi sebagai Juara satu (The Winner) dalam contest tersebut, sedangkan Elitha Bintang Suciwati, sebagai Juara kedua (Runner Up).   Sebelum mengikuti event Internasional tersebut keduanya adalah Juara Duta Sport Tourism yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTB pada November 2023.

Dengan seleksi ketat, keduanya terpilih untuk berangkat ke Filiphina mewakili NTB sekaligus Indonesia sebagai contestant. Mereka patut diberikan jempol karena telah mampu menjadi juara yaitu The Winner dan Runner Up dalam event bergensi tersebut.

Kedua peserta ini, saat dihubunhi via WhatsApp sempat menceritakan kepada pihak sekolah terkait proses lomba yang sedang diikutinya, bahwa beberapa aspek penilaian yang dilaluinya, yaitu; Performance (penampilan), Public Speaking/presentasi, pengetahuan umum dan kepariwisataan local asal peserta, dan keduanya mengucap Alhamdulillah karena semua proses berjalan lancar tanpa kendala. Kamis, (21/12).

Guru pembina SMAN 1 Pringgarata, dihubunhi terpisah via telfon mengatakan terkait Bahasa yang digunakan untuk presentasi, keduanya menggunakan Bahasa Inggris, tapi peserta lainnya menggunakan Bahasa negara mereka masing-masing, dan mungkin itu kelebihan kami berdua katanya sambil terdengar suara tertawanya.

Kepala SMAN 1 Pringgarata, Akhmad Husni, saat dikonfirmasi media mengatakan sangat senang mendengar keberhasilan kedua peserta didiknya yang menjadi Juara dan Runner Up dalam ajang Tingkat Internasional itu.

Ditanya terkait prestasi siswa tersebut, sekolah akan memberikan apresiasi kepada kedua juara tersebut, "Insya Alloh kami akan memberikan bantuan dan keringanan agar keduanya dapat menyelesaikan Pendidikan di SMA serta nantinya dalam melanjutkan ke Pendidikan yang lebih tinggi sesuai minat dan bakatnya," kata Husni sambil tersenyum.


Sementara untuk harapan dan ucapan yang ingin disampaikan terkait prestasi pelajarnya ini, lebih lanjut Husni menyampaikan sekolah tentunya akan berterima kasih kepada kedua orang tua dari pelajar ini, karena telah mengizinkan, mendukung serta membiayai putra putrinya.

Husni juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pariwisata, Pj.Gubernur, Kepala Dinas Dikbud NTB, Bupati Lombok Tengah serta KCD Dikbud Loteng yang telah memfasilitasi kedua murid sekolah ini sehingga  dapat berangkat dan berlomba di Filiphina.

"Tak lupa pula kami sampaikan terima kasih juga kepada bapak Camat Pringgarata, Bapak dan Ibu Guru SMAN 1 Pringgarata, Komite sekolah, para siswa SMAN 1 Pringgarata, serta warga Pringgarata pada khususnya, Lombok Tengah NTB yang telah berpartisipasi mendukung dengan memberikan Vote pada kedua peserta," tandas Husni.

Terkait event tersebut I GUSTI NYOMAN ARDIKA PUTRA,S.Sn,M.Sn asal NTB selaku Direktur Organisasi Nasional dengan nama Duta Remaja Pariwisata Indonesia merasa bangga telah berhasil membawa 4 peserta Indonesia; 1 putra dan 3 putri untuk berkompetisi di tingkat internasional yang mana mereka keluar sebagai pemenang di ajang Republic Continent Intetnasional 2023.

"Saya terharu Perwakilan Indonesia asal NTB meraih prestasi di tingkat Kami telah memberikan Indonesia prestasi, apa yang dicapai oleh 4 perwakilan. Sebelumnya saya dan tim sudah memberikan pembekalan secara virtual secara langsung dengan melakukan karantina pembekalan di NTB," pungkasnya.

Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M.Pd sangat mengapresiasi apa yang diperoleh siswa SMAN 1 Pringgarata yang dapat memberi pengalaman dan wawasan.

"Kami memberi apresiasi pada anak-anak yang berprestasi, dan sangat mengapresiasi semangat serta antusiasme yang tumbuh dalam diri mereka, yang begitu semangat dalam mengikuti berbagai kegiatan, selain banyaknya pengalaman yang mereka dapatkan, mereka juga mendapatkan pengetahuan, keterampilan, serta memiliki wawasan," tutupnya.  

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia