Breaking News

Politeknik Negeri Bali Gelar Workshop, Wakil Direktur : PNB merupakan pendidikan vokasi yang lebih banyak praktek atau tenaga siap pakai!

Wakil Direktur 1 Bidang Tekhnik Politekhnik Negeri Bali Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman, ST., MT saat memberi sambutan pada kegiatan workshop.

Mataram - Politeknik Negeri Bali (PNB) yang lebih dikenal dengan nama Poltek Bali menggelar workshop Penyusunan Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana Operasional (Renop), serta Penyusunan RKPS dan LED Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), dan Kampus Cabang (KC), bertempat di Lombok Garden Hotel, Kamis, (9/11).

 

PNB yang lebih dikenal dengan nama Poltek Bali merupakan lembaga pendidikan tinggi bidang vokasi yang lebih mengedepankan praktik daripada teori.   

 

Pembelajaran di PNB menerapkan pola praktik sesuai dengan tuntutan industri (60%-70%) dan teori (30%-40%) agar lulusan mampu mengisi kebutuhan industri baik dalam negeri maupun luar negeri.   


Saat ini PNB sudah memiliki cabang di Lombok Barat, dan sudah MoU dengan Bupati Lombok Barat pada tahun 2014. Cabang PNB yang ada di Lombok Barat telah memiliki 65 mahasiswa dengan program studi D3 Perhotelan.

 

Wakil Direktur 1 Bidang Tekhnik Politekhnik Negeri Bali Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman, ST., MT saat ditemui media mengatakan Workshop ini dikhususkan untuk PSDKU yang dimiliki oleh PNB Cabang dan sudah berMou dengan PNB Pusat.   

 

PNB itu memiliki empat PSDKU yaitu di Jembrana, Lombok Barat, Kab. Karang Asem, dan Kampus Cabang di Gianyar. Tujuan kami mengumpulkan para koordinator dan staf dosennya dalam rangka memperkuat arah kebijakan PSDKU itu akan dibawa kemana kedepannya," ujarnya.   

 

Dikatakan Agung tujuan lain dari pelaksanaan workhop ini juga dalam memaksimalkan perekrutan mahasiswa baru di tahun 2024 ini. Dan disamping itu untuk memperkuat dalam mengevaluasi diri dan proses pembelajarannya.   

 

Dalam proses pembelajarannya juga akan menguatkan dari pada induk PSDKU ini sendiri dan akan diturunkan pada rencana operasionalnya dari masing-masing PSDKU. Hal ini juga berkaitan dengan akan diadakan adekasi terutama untuk PSDKU Lombok Barat.   

 

"Kita juga telah lengkapi dengan tim monitoring P4MP yang ada di Pusat, nantinya P4MP akan melakan evaluasi aktivitas kegiatan mengenai adekasi ini," paparnya.   

 

Agung juga menjelaskan workshop ini sudah pernah dilakukan di masing-masing PSDKU Bali, akan tetapi untuk kebersamaan ini baru pertama kali dilakukan di Lombok.   


Koordinator PNB Bali PSDKU Kampus Lombok Barat H. Ruju Rahmad, S.Pd.MT menambahkan selain dari tujuan yang disebutkan diatas PSDKU ini juga bertujuan untuk mengangkat IPM Lombok Barat dan untuk mengisi lowongan kerja yang ada di Lobar dan Lombok Tengah.

 

Untuk diketahui, PNB Bali PSDKU Lombok Barat juga akan merekrut lulusan SMA,SMK yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan biaya yang murah dan sebagian dari biaya tersebut juga ditanggung pemerintah daerah Lombok Barat.

 

Program Studi yang ada di Kampus Lombok Barat ini yakni PSDKU DIII Perhotelan, dengan tujuan diantaranya ;

1. Tersedianya kesempatan  belajar  bagi  masyarakat  dalam  kesetaraan  gender. 2. Dihasilkannya lulusan profesional, berkarakter, berjiwa wirausaha dengan berorientasi standar mutu nasional. 3. Meningkatnya kemampuan dan profesionalisme sumber daya manusia. 4. Terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan inovasi baru berbasis IPTEKS terapan bidang perhotelan.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia