Breaking News

Pastikan Desa Jeraeng Terang Benderang, Dinas ESDM Provinsi NTB Upayakan Penambahan Daya

Kepala Dinas ESDM bersama Tim saat pelaksanaan Jumaat Salam bertempat di Kantor Desa Jeraeng Ketangga Lombok Timur.

Lombok Timur - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB melaksanakan program Jumat Salam (Jumpai Masyarakat, Selesaikan Aneka Masalah yang terjadi di Masyarakat) Jumat, (10/11). Kegiatan berlangsung di Desa Jeraeng Ketangga, Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan serap aspirasi masyarakat tingkat desa dipusatkan di Kantor Desa Jeraeng. Selain dihadiri oleh Kades dan unsur desa Jeraeng, juga dihadiri oleh , kader Posyandu Desa, pendamping desa,  termasuk tokoh pemuda dan ketua BPD.

Dalam sambutannya, Kades Jeraeng Muhammad Zaini memberikan apresiasi terhadap program Jumat Salam dari pemerintah Provinsi NTB yang bisa menyentuh sampai lapisan masyarakat desa.

Zaini juga menyampaikan segala potensi yang ada di Desa Jeraeng, salah satunya peternakan kambing yang diperah susunya kemudian dijual dalam bentuk kemasan.

Selain pada peternakan kambing, potensi yang dimiliki desa Jeraeng yakni program air bersih. Namun, untuk aliran kerumah penduduk masih menjadi kendala, karna di butuhkan meter air, untuk 400 unit jaringan, jelasnya.

Kepala Dinas ESDM H. Sahdan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir untuk Jumaat Salam. Program salam ini adalah program Pj Gubernur yaitu sebuah akronim Jumpa masyarakat seleseikan aneka masalah.

"Ini adalah salah satu desa yangg dikunjungi 47 organisasi perangkat daerah (OPD), kami dari Dinas ESDM memiliki tugas pokok dan fungsinya lebih mengarah ke air, listrik, tambang, dan energi," ujarnya.

Lebih lanjut, dalam Temu Keakraban itu terdapat aspirasi yang berkaitan dengan Tupoksi kami yaitu Pemasangan Bantuan Listrik Gratis untuk kategori Miskin yang ada di Desa ketangga Jeraeng sebanyak 36 KK.

Di samping itu juga terdapat aspirasi maupun persoalan lainnya yang kami himpun dalam bentuk format penyampaian Jumat Salam sebagai berikut :

  1. Di bantu untuk kelistrikan dengan Solusi Akan di bantu sesuai dengan data P3KE (Program Penanggulanagan dan pengentasan Kemiskinan Ekstrim) ada 26 KK dan di buatkan Proposal ke Dinas ESDM.
  2. Pembuangan sampah yang tidak teratur  dengan Solusi Akan di Koordinasikan dengan DLHK untuk pengolahan sampah dan tempat pembuangan sampah.
  3. Pembuatan Olahan Ternak Kambing yang sangat di butuhkan oleh Masyarakat dengan Solusi Koordinasi dengan Dinas Pertanian dan dinas Perindustrian terkait dengan alat dan mesin pembuatan Olahan ternak Kambing menjadi susu kambing. Di samping itu juga berkoordinasi dengan BRIDA terkait teknologi alternatif pembuatan Olahan ternak Kambing (TERMASUK PAKAN).
  4. Pembibitan Unggas  dengan Solusi Akan di usahakan dan di komunikasi minta bantuan dengan Mitra Kerja ESDM dan Dinas Peternakan Kesehatan Hewan Prov NTB.
  5. Peningkatan UMKM  dengan Solusi Koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan serta Dinas Tenaga Kerja untuk melakukan Pelatihan, pengadaan peralatan dan pemasaranserta tata kelola khususnya produk Olahan SUSU.
  6. Drainase dengan Solusi Koordinasi dengan Dinas Pertanian dan PU untuk pembangunan saluran air dan Jalan Usaha Tani.
  7. Pembangunan Fisik Jalan dan Peralatan alsintan dengan Solusi Pembuatan Proposal untuk Pembangunan Fisik Desa dan Peralatan serta mesin pertanian ke Perwakilan Dewan tingkat Kabupaten, Provinsi dan DPR RI.
  8. Penyambungan Meter Air dengan Solusi akan di lakukan koordinasi dengan PDAM untuk pemasangan meter air sebanyak 400 Unit Jaringan.
  9. Dibutuhkan Mesin Rajangan Tembakau dengan Solusi akan di Koordinasikan dengan BAPPEDA serta OPD penerima DBHCHT.

Akhir kegiatan Sahdan menjelaskan makna dan bentuk kegiatan Jumat Salam ini adalah salah satu bentuk kegiatan dari program kunjungan OPD ke desa-desa untuk menyelesikan masalah atau kendala yang ada disetiap desa.

"Program jumaat salam pada prinsipnya ditujukan kepada OPD untuk menyerap aspirasi dari desa," jelasnya. 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia