Breaking News

Kadis ESDM Lakukan Kunjungan Lapangan Terhadap Potensi Desa Sebagai Produksi Susu Kambing

Kepala Dinas ESDM H. Sahdan bersama salah satu penanggung jawab peternak kambing.

Lombok Timur - Dinas ESDM Provinsi NTB telah membentuk TIM Pelaksana Jum’at Salam dimana Kepala Dinas ESDM H. Sahdan selaku Pembina dan semua unsur Eselon III serta Bagian Umum dalam mengkoordinir wilayah pelaksanaan Jum’at Salam.

Sesuai arahan PJ. Gubernur NTB pada Jumat salam kali ini Dinas ESDM ditetapkan di Desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak Kab. Lombok Timur.

Sesuai kondisi dan penekanan Pj Gubernur, penanganan Jum'at Salam kali ini, bagaimana memberikan perhatian khusus pada pemenuhan kebutuhan air bersih warga sebagai akibat dari kemarau panjang yang melanda NTB, khususnya wilayah selatan Lombok Timur yang menjadi wilayah paling parah terdampak kekeringan.

Pelaksanaan Kegiatan Jum’at salam ini di mulai dari Kunjungan Kepala Dinas ESDM H. Sahdan ST, MT untuk melakukan pemotretan awal terhadap kondisi sosial ekonomi Desa. Semangat dan dedikasi H. Sahdan dalam melaksanakan Jum’at Salam ini sampe tetap mengenakan PSL dalam pertemuan singkat dengan Kepala Desa.

Kunjungan ini di lakukan sebelum pelaksanaan Sholat Jum’at demi mamastikan agenda Jumpa Masyarakat yang telah terkonfirmasi jauh hari sebelumnya setelah di tetapkan Desa Binaan ESDM pada pukul 14.00 di Kantor Desa Ketangga Jeraeng.

Desa Ketangga Jeraeng yang merupakan pemekaran dari Desa Selebung Ketangga pada tahun 2011 merupakan Desa yang memiliki potensi yang cukup menggembirakan dari sisi ekonomi maupun sosialnya.

Dengan luasan 525 Ha, 2.906 Jiwa dan 909 Kepala Keluarga Desa ini memiliki pekerjaan yang di dominasi oleh Petani dan Buruh Tani. Tingkat Pendidikan yang Rata2 Strata 1.

Kegiatan Jum’at Salam tepat di mulai pada pukul 14.30. Bentuk Kegiatan yang kami terapkan yaitu dalam bentuk Temu Keakraban mencapai tujuan dengan Metode Mengingatkan, Mengisi dan Menguatkan (SM3).

Hadir dalam kegiatan ini yaitu Kepala Desa, Pengurus Desa, Kepala BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Babinsa, Babinkamtibmas, masyarakat, Bidan dan perwakilan wirausahaan.

Dinas ESDM melakukan kunjungan lapangan ke salah satu lokasi yang memiliki potensi besar ekonomi masyarakat di Desa Ketangga Jeraeng yaitu Tempat Pengolahan Susu Kambing.

Dengan jumlah kambing peternak sebanyak 300an ekor oleh Pengusaha Muda dari CV. CRV Muhammad Khalid Rozani ini berharap agar Dinas ESDM membantu dalam pengolahan susu dengan teknologi modern dan di kuatkan dalam sisi pemasarannya.

H. Sahdan bersiap dengan ikhlas membantu dengan menyampaikan ke beberapa OPD terkait seperti solusi yang disampaikan saat pertemuan.

Salah satu potensi yang ada di Desa Jeraeng ini adalah Peternak Kambing. Sang pemilik pun punya cara unik dalam mengelola 300 ekor kambing tersebut.Dengan membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan stunting di daerah, kambing ini diolah dalam bentuk susu kambing.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan pemilik dalam meningkatkan produksi susu kambing ini, yakni pengaplikasian pakan komplit tinggi nutrisi berbasis bahan pakan lokal green protein (lamtoro, turi, kelor) dan limbah kulit nanas sebagai sumber energi, vitamin, mineral, enzim bromelain dan mikroba lokal selulolitik.

Inovasi ini sangat mudah untuk diterapkan baik pada tataran kelompok ternak, pengusaha peternakan kambing (UMKM) maupun masyarakat secara individual.  

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia