Breaking News

SMK Pusat Keunggulan Semakin Berdampak Pada Pembangunan Ekonomi

Kepala SMKN 1 Pujut Lalu Tajuddin

Lombok Tengah - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan transformasi pendidikan SMK di Indonesia. Salah satu program yang akan kembali diselenggarakan pada tahun 2023 adalah Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan (SMK PK SPD). 


Penyelenggaraan kembali program SMK PK SPD tahun 2023 tidak lepas dari keberhasilan pelaksanaan program serupa di tahun 2022. 


Sebanyak 373 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia telah merasakan manfaat besar dari program SMK PK SPD 2022, mulai dari sisi kurikulum yang semakin selaras dengan industri, teaching factory yang sudah berorientasi produk, guru yang semakin banyak tersertifikasi, dan sebagainya. 


SMKN 1 Pujut salah satu sekolah di Lombok saat ini menjalani program PK SPD ini. Ditemui diruang kerjanya Rabu, (4/10) Kepala SMKN 1 Pujut Lalu Tajuddin mengatakan sekolah sejak tahun 2021 sudah menjadi SMK Pusat Keunggulan. 


"Alhamdulillah sekolah telah menjadi pusat keunggulan sejak Agustus 2021, dan di tahun ketiga ini SMKN 1 Pujut juga kembali menjadi SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadaman," ujar Tajuddin. 


Ia juga mengatakan banyak sekali perubahaan positif yang dirasakan sekolah setelah menjalanan program SMK PK SPD. Salah satunya misalnya, dengan kegiatan kunjungan/pendampingan industri yang menjadi lebih intensif. Hal tersebut tentu berdampak besar bagi kompetensi para siswa. 


"Dengan adanya program SMK PK Skema Pemadanan dengan industri dan penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah, akan terdapat materi pelajaran yang didampingi langsung oleh industri," imbuh Tajuddin. 


Skema pemadanan untuk NTB Gemilang karya ini yang saat ini menjadi maju melaju terus dikembangkan sekolah dengan beberapa kegiatan baik dari pusat maupun dari provinsi itu sendiri dari provinsi dengan program 11 strategi gemilang karya di SMKN 1 Pujut sudah berjalan tinggal LSP P1 yang saat ini masih di koordinasikan. 


"Kami akan terus mengembangkan SMK PK Skema Pemadaman ini dalam rangka meningkatkan Sekolah Pusat Keunggulan di SMKN 1 Pujut, semoga program sekolah ini dapat kami lanjutkan menjadi lebih baik," tandasnya. 


Kepala Bidang SMK Dikbud NTB M. Khairul Ikhwan menambahkan SMK Pusat Keunggulan adalah Program prioritas Kemendikbud khususnya SMK untuk melakukan akselerasi terhadap Lulusan SMK yang Siap Kerja Siap Mandiri Siap Melanjutkan dengan melakukan intervensi berbagai sektor, termasuk skema kemitraan pemadanan dengan Dunia Usaha. 


Ia mengatakan SMK 1 Pujut adalah sekolah lingkar KEK Mandalika yang sangat penting keberadaanya untuk mempersiapkan generasi muda dikawasaan ini agar dimasa depan kita tidak jadi penonton didaerah sendiri. 


"Orang lokal harus mampu berperan tidak hanya sebagai pekerja tapi juga sebagai pengusaha dikawasan itu. Nah kita di Bidang SMK sangat inten memperhatikan perkembangan di area tersebut khususnya SMK Core Pariwisata," imbuhnya. 


Pergub 75 tentang Revitalisasi SMK yang kita pakai untuk melakukan intervensi juga berdampak positif untuk SMK kita disana. Bahkan Tahun 2023 ini SMK 1 Pujut sudah kita BLUD kan agar bisa fleksibel dalam tata keloala keuangan sehingga aktifitas kemitraan dan kerjasama bisa berdampak terhadap tumbuhnya iklim usaha, iklim inovasi, iklim sehat kaitannya dengan kevokasian di SMK 1 Pujut, pungkas Ikhwan.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia