Breaking News

SLBN 1 Lobar Ditunjuk Jadi Lembaga Sertifikasi Profesi Bidang Tata Kecantikan

Kepala SLBN 1 Lombok Barat Baiq Minarniwati 

Lombok Barat - Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kemendikbud menunjuk Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Lombok Barat (Lobar) Prov. NTB sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P1) Bidang Tata Kecantikkan 

Sebelumnya, Pemprov NTB sendiri telah menyiapkan 2 lembaga SLB untuk menjadi pilot project LSP P1 tersebut. Namun hanya SLBN 1 Lobar saja yang mampu memenuhi kriteria. 

Kepala SLBN 1 Lombok Barat Baiq Minarniwati mengatakan sekarang ini untuń∑ siswa lulusan SLB tidak hanya membawa ijazah akademik saja untuk melamar kerja, namun harus memiliki sertifikat keahlian juga. Senin, (9/10). 

Ia mengungkapkan, keterampilan di bidang tata kecantikkan cukup banyak diminati oleh siswa berkebutuhan khusus. Diketahui, program LSP P1 sendiri digagas untuk memberikan fasilitas para penyandang disabilitas sebelum terjun ke dunia industri. 

Di SLB 1 Lobar juga akan disiapkan empat assesor yang akan menguji. Sarana prasarana juga telah disiapkan," jelasnya. 

Kepala Bidang PK Dikbud NTB Dr. Hj Eva Sovia Sari 

Kepala Bidang PK Dikbud NTB Dr. Hj Eva Sovia Sari bersyukur anak-anak berpendidikan khusus bisa mendapatkan kesempatan untuk memiliki sertifikat keahlian. 

"Alhamdulillah, salah satu SLB di Lombok Barat berhasil mendapatkan LSP, ini juga merupakan satu-satunya SLB di NTB," ungkapnya. 

SLBN 1 Lobar sendiri, kata Eva, bakal membuat sebuah jejaring di SLB yang berada di NTB sebagai pilot projectnya. Harapannya, sarana dan prasarana di SLBN 1 Lobar tersebut bisa dikembangkan ke tiap-tiap SLB di NTB. 

Ia menambahkan, adanya LSP P1 ini semakin melengkapi program Vokasi Istimewa milik Pemprov NTB. Sebab, pemprov sendiri mengawali peningkatan kualitas anak berkebutuhan khusus melalui program Vokasi Istimewa. 

"Adanya LSP P1 ini, siswa sudah terbekali. Siswa akan lebih mudah beradaptasi mudah dan tidak kesulitan. Lewat program tersebut mereka diarahkan ke kompetensinya, salah satunya di keterampilan tata kecantikkan," pungkasnya. 

LSP ini juga nantinya akan menjadi arah kedepannya dalam meningkatkan keahlian siswa, dengan tujuan pelatihan assesor dan melatih siswa-siswa untuk mendukung belajarnya dan mendapatkan sertifikat. 

Lembaga sertifikasi profesi atau LSP adalah lembaga yang melaksanakan aktivitas pengujian dan pemberian sertifikasi profesi.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia