Breaking News

SBMI Lombok Tengah, Gelar Bimtek Penanganan Kasus PMI.

Lombok Tengah - Pengurus Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Lombok Tengah gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pembekalan mekanisme Penanganan Kasus Pekerja Migran Indonesia (PMI) dirangkai dengan acara Maulid Nabi Muhammad SAW, selasa 03/10/2023.

“Acara tersebut dihadiri jajaran Pengurus SBMI Provinsi NTB yang sekaligus sebagai Narasumber Bimtek tersebut.

Usman S Pd selaku ketua SBMI Provinsi NTB dalam kesempatan penyampaian materi Bimtek menekankan agar dalam kegiatan penagangan dalam pendampingan Pekerja Migran Indonesia (PMI), agar selalu memperhatikan mekanisme dan administrasi agar tidak terjebak nantinya. PMI di berangkatkan dengan cara legal atau ilegal dan  masuk katagori perdagangan orang atau bukan, “katanya,

"Mari Kita jaga marwah organisasi ini, dan jangan asal-asalan dalam membantu dan mendampingi PMI, harus disesuaikan dengan mekanisme yang berlaku," Jelas Usman.

"Dalam melakukan pendampingan, perhatikan harus ada mandat (Surat Kuasa) dari PMI dan keluarga PMI serta pastikan didampingi pihak Pemerintah Desa setempat.," tambanya.

Lebih lanjut, dalam menjalankan segala kegiatan SBMI dalam pendampingan masalah PMI kata Usman harus memperhatikan UU nomor 18 tahun 2017 Dan UU No. 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

"Dan kalau masalah pembinaan purna PMI silahkan berkoordinasi dengan instansi seperti Baznas baik kabupaten maupun provinsi, Dinas Sosial kabupaten dan provinsi, Dinas Tenagakerja dan transmigrasi kabupaten dan provinsi.," Kata Usman.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan diskusi tentang refleksi serba-serbi permasalahan PMI baik yang sudah ditangani ataupun yang sedang ditangani oleh SBMI.

Sementara, Ketua SBMI Lombok Tengah, Hamdianto, S.Pd, mengucapkan rasa terimakasihnya atas wejangan yang disampaikan ketua SBMI NTB dalam hal pengalaman dan mekanisme penyelesaian permasalahan PMI.

"SBMI Lombok Tengah ucapkan terimakasih atas wejangan dan bimbingan baik teknis yang disampaikan Ketua SBMI NTB baik secara administrasi maupun secara hukum, dan sangat bermanfaat pada semua pengurus SBMI lombk Tengah.,"ungkap Hamdianto.

 

 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia