Breaking News

Raih Segudang Prestasi, SMAN 1 Terara Fokus Jalankan Program 5P

Wakil Kepala Sekolah bidang kehumasan H. Lalu Muhammad Thayib, S.Pd

Lombok Timur - SMA Negeri 1 Terara merupakan salah satu sekolah yang memiliki segudang prestasi. Sekolah ini juga menjalankan beberapa program dalam memajukan pendidikan siswa.


Salah satu yang menjadi unggulan program Dinas Dikbud diantaranya The Power off 5P ( Profil, penampilan, pelayanan, peran serta masyarakat, dan prestasi Sekolah ). Program ini menjadi strategi menarik Dikbud di tahun 2023, yang sebelumnya dikenal dengan istilah 4P.


Kepala SMAN 1 Terara melalui Wakil Kepala Sekolah bidang kehumasan H. Lalu Muhammad Thayib, S.Pd ketika ditemui media Sabtu, (21/10) mengatakan SMA Negeri 1 Terara dalam meningkatkan prestasi siswa baik secara akademik maupun non akademik, sekolah akan terus memberikan dukungan, salah satunya dengan pembinaan karakter.


"Program Dinas yang saat ini dikalankan dalam 5P, salah satunya adalah prestasi siswa. Jadi, sekolah banyak menghasilkan siswa-siswa yang berprestasi," ujarnya.


Terkait profil dan penampilan, sekolah memiliki beberapa pegawai dan 71 tenaga pengajar pendidik, dilengkapi dengan sarana dan prasarana baik sarana penunjang pendidikan maupun tidak berkaitan langsung dengan belajar mengajar seperti perpustakaan, laboratorium biologi, fisika dan musholla dan fasilitas pendukung lainnya seperti instalasi air.


Kemudian untuk ekstrakulikuler siswa ada sebanyak 18, agar siswa lebih memilih sesuai keinginan dan kemampuan nya. Ekstra ini juga mendukung untuk kegiatan akademik dan non akademik siswa seperti OSN, O2SN, dan FLS2N.

Dari peran serta masyarakat untuk program sekolah, baik dari Orang tua atau wali murid selalu memberikan dukungan seperti terkait pembayaran BPP sekolah ataupun pengeluaran untuk keperluan anak-anaknya, papar Thayib.


Dijelaskan Thayib, untuk prestasi yang diraih SMA Negeri 1 Terara selalu berhasil meraih juara dalam bidang olahraga, salah satunya pencak silat. Prestasi ini pada ajang lomba O2SN Tingkat Kabupaten, dengan siswa bernama Nena Mayzara dari kelas XII IPS 4 dan Reza Azmiana dari kelas XII IPS 4 juga menoreh prestasi di ajang lomba O2SN pada bidang olah raga Atlentik tahun 2023.


Lalu ada dua peserta didik SMA Negeri 1 Terara juga terpilih dalam Raimuna Nasional XII Tahun 2023, yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur pada Agustus 2023 dan dalam ajang HUT TNI ke78 Tim Futsal SMAN 1 Terara berhasil meraih juara.


Lebih lanjut Thayib, untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka khususnya program pembelajaran P5 melaksanakan kegiatan mendidik dan mengajar dengan melakukan pembuatan kompos dari sampah organik menjadi pupuk. Melalui kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan untuk siswa/siswi khususnya kelas X saat ini menerapkan kurikulum merdeka belajar.

Kegiatan pembuatan kompos dari sampah organik dilakukan oleh seluruh kelas X yang didampingi guru pembimbing setiap kelas. Dimana diawali pre-test guna mengetahui pemahaman siswa/siswi sejauh mana pengetahuan terhadap pengolahan sampah dan melakukan pembuatan kompos dari sampah organik sesuai dengan SOP kompos yang sudah mereka pelajari.


Perlu diketahui dalam kegiatan pembinaan karakter untuk siswa di SMA Negeri 1 Terara selalu dilakukan pembinaan imtaq setiap pagi, dan kegiatan Sabtu Budaya.


Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M.Pd sebelumnya menyampaikan ditahun pelajaran 2023 ini sekolah menggunakan strategi program 5P. Strategi 5P itu merupakan penyederhanaan dari tiga tugas utama yang diemban dalam membangun Pendidikan di NTB berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2018, perubahan atas Perda nomor 4 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan.


Adapun tiga tugas utama yang tertuang dalam Perda itu, yang pertama ialah mewujudkan layanan akses pendidikan yang berkeadilan, kedua ialah meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan, dan yang ketiga meningkatkan peran serta masyarakat, tandasnya.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia