Breaking News

Keistimewaan SMAN 6 Mataram dibalik Banyak Prestasi Gemilang

Wakil kepala sekolah bidang kehumasan SMAN 6 Mataram Emi Suprihatin

Mataram - SMA Negeri 6 Mataram merupakan sapah satu sekolah yang memiliki segudang prestasi, baik akademik maupun non akademik. Sekolah ini berlokasi di Jalan Peternakan no 10 Selagalas Kecamatan Sandubaya Kota Mataram.


Dengan memiliki branding kewirausahaan seni dan budaya, SMAN 6 Mataram juga memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) yang berbeda dari sekolah uang lain.


Wakil kepala sekolah bidang kehumasan SMAN 6 Mataram Emi Suprihatin mengatakan yang menjadi banyak prestasi yang sudah diraih sekolah termasuk pernah mendapat penghargaan Anugrah Istimewa Sekolah (AISO) dari Dinas Dikbud NTB.


"Sekolah pernah mendapatkan penghargaan AISO kategori Sekolah Sehat dan Bersih, bahkan hampir setiap tahun selalu mendapatkan penghargaan AISO ini," ujar Emi.


Bulan Mei 2023 SMAN 6 Mataram juga meraih piala Citradikbud NTB yang diserahkan langsung oleh Mantan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah. Kemudian sebagai sekolah peraih kategori SMA Gemilang, prestasi terkreatif, sekolah pemajuan budaya terkreatif, dan sekolah pelaksana program 4P pada aspek penampilan acara AISO.


SMAN 6 Mataram juga mendapat deklarasi sebagai sekolah literasi pada Februari tahun 2022. Yang membuat istimewa sekolah ini adalah adanya anak berkebutuhan khusus, jelasnya.


Sementara Kepala SMAN 6 Mataram Muhammad Turmuji, S.Pd dikonfirmasi terpisah, Rabu (19/10) menambahkan walaupun baru ditempatkan kurang lebih tiga bulan, SMAN 6 Mataram juga telah menjalani program Dikbud NTB 5P.


"Ini 5 P,  yang sedang berjalan selama 3 bulan saya berada di SMAN 6 Mataram, khusus nomor 5 itu, studi tiru yaitu untuk meningkatkan mutu guru dan meningkatkan daya serap siswa, SMAN 6 di perguruan tinggi di Indonesia. SMAN 6 Mataram juga mengelola siswa ABK ( Anak Berkebutuhan Khusus ), saya sebagai Kepsek di sana serius untuk memperhatikan methode pendidikan ABK ini, dalam meningkatkan mutu pengelolaannya kami juga bekerjasama dengan SLB," papar Turmuji.


Lebih lanjut Turmuji, sekolah melakukan kerjasama dengan SLB 1 Lombok Barat dan SLB  1 Mataram untuk anak-anak berkebutuhan khusus sekolah juga mendatangkan guru tamu dari SLB ini.


Ia berharap agar kedepannya juga pihak Dikbud juga serius untuk membantu penanganan siswa ABK yang berada di SMA - SMA, berupa bagaimana cara menerbitkan raport anak ABK yang berbeda dengan siswa biasa, karna daya serapnya juga berbeda, tandasnya.


Untuk diketahui, SMAN 6 Mataram meningkatkan proses pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka yang diharapkan perubahan karakter peserta didik menjadi lebih aktif dan inovatif.

Salah satu Studi Tiru yang dilakukan sekolah adalah kunjungan ke Kebun Anggur di daerah Lingsar Lobar. Tim Manajement sekolah melihat secara langsung kebun anggur yang mana nantinya akan di buat di sekolah. Disana juga sekolah banyak mendapatkan informasi tentang jenis anggur dan bagaimana cara pengelolaannya sehingga dapat menghasilkan buah yang banyak dengan rasa yang manis. Hal ini akan di terapkan di sekolah pada kebun bina karakter yang akan menjadi tempat belajar Out Dor siswa SMAN 6 Mataram.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia