Breaking News

Implementasi Merdeka Belajar, SMAN 10 Mataram Gelar Pesta Demokrasi untuk Siswa

Kepala SMAN 10 Mataram M. Furkan, M.Pd 

Mataram - Pendidikan demokrasi sejak dini mulai ditanamkan oleh SMA Negeri 10 Mataram. Itu digambarkan melalui pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023-2024 yang diselenggarakan di SMAN 10 Mataram, Kamis (12/10). 

Pemilihan tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana proses pemilihannya mirip dengan proses pemilihan umum sistem demokrasi yang biasa dilaksanakan pada momen pemilu yang juga menggunakan sistem Electronic Voting (E-Voting). 

Sistem pemilihan berbasis Web untuk memberikan edukasi kepada siswa dan juga melaksanakan pemilihan Ketua Osis menggunakan teknologi digital. 

Wakil Kepala Sskolah bidang Kesiswaan SMAN 10 Mataram, Jumadil mengatakan jika pemiliham Ketua dan Wakil Ketua Osis ini merupakan salah satu cara agar siswa belajar berdemokrasi. 

"Selama dia terdaftar sebagai siswa SMAN 10 Mataram, maka berhak mencalonkan diri sebagai kandidat Ketua dan Wakil Ketua Osis periode 2023-2024. Kita akan memulainya dengan tes wawancara," ujar Jumadil. 

Tujuan dari wawancara ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kandidat ketua dan wakil ketua osis ingin mengembangkan sekolahnya. 

Lebih lanjut Jumadil, dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis ini tentunya memiliki kriteria diantaranya, aktif, punya program yang jelas untuk memajukan sekolah, dan kemudian memiliki inovasi dan kreativitas. 

Jumadil menjelaskan terdapat beberapa pesan dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis ini, yang pertama, bahwa ini adalah pembelajaran demokrasi yang nanti pembelajaran ini akan dialami oleh semua siswa di lingkungan masyarakat masing-masing, mulai dari pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden, kemudian yang kedua dari sini mereka belajar untuk menjadi pemimpin (di sekolah). 

Dalam kesempatan yang sama kepada media, Kepala SMAN 10 Mataram M. Furkan, M.Pd menjelaskan lebih rinci bahwa E-Voting ini mirip pemilu pada umumnya akan tetapi dilaksanakan oleh Siswa-siswi di SMAN 10 Mataram dalam menentukan pemimpin. 

"Dengan Sistem E-voting ini, nantinya kita sudah bisa melihat hasilnya secara langsug. tanpa perlu menghitung lagi satu persatu secara manual" ucapnya 

Sistem E-Voting yang dilaksanakan oleh SMAN 10 Mataram juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang digitalisasi. 

"jadi siswa-siswi kami melihat visi misi bakal calon melalui web yang telah kami sediakan, tentunya setelah mereka melihat visi misi bakal calon ketua Osis, merekalah yang menentukan sendiri siapa figur bakal calon yang akan dipilih" tambahnya. 

Adapun nama bakal Calon Ketua Osis SMAN 10 Mataram diantaranya :

1. Permata Husdul Walidain ( Kandidat Ketua Osis 1 ).

2. Inova Ramadanti ( Wakil Ketua Osis ).

3. Eli Dewi Septiana (kandidatt ketua Osis 2).

4. Nobel Mani Dealova ( wakil ketua osis ). 


Sementara untuk penghitungan suara, dari daftar pemilih. Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Permata Husdul Walidain dan Inova Ramadanti terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023-2024 dengan peroleh suara terbanyak. 


Untuk diketahui pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS juga diadakan seperti halnya pemilu pada umunya, mulai dari adanya registrasi, saksi dari paslon 1 dan 2, Pengambilan kertas suara, dan celup jari tinta.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia