Breaking News

Dua Siswa SMAN 1 Gunung Sari Berhasil Raih Dua Juara Dalam Olimpiade Bahasa Arab

Kepala Bidang SMA Drs. Lalu Muhammad Hidlir 

Lombok Barat - Siswa SMAN 1 Gunung Sari berhasil raih juara 1 Lomba Bahasa Arab / Olympiade Bahasa Arab (OBA) Tingkat Kabupaten / Kota. Lomba ini berlangsung di sekolah masing-masing yang diselenggarakan oleh Forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Arab se-Indonesia pada tanggal 12 Agustus 2023. 


SMAN 1 Gunung Sari percayakan pada dua siswa untuk mengikuti OBA ini, dan kedua siswa ini berhasil meraih juara 1 dan juara 2. Adapun kedua siswa ini yaitu ; Taharatul Zahra yang meraih juara 1 dan Alma meraih juara 2. 


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMAN 1 Gunung Sari Joni Yulius Moa melalui Pembina sekaligus Guru Bahasa Arab SMAN 1 Gunung Sari Ati Rahmawati, S.Pd mengatakan kedua siswa ini berhasil meraih juara setelah bersaing bersama puluhan siswa yang berasal dari sekolah lain. Selasa, (17/10). 


Ati menjelaskan OBA ini diikuti oleh seluruh sekolah SMA, MA yang ada di kabupaten / kota, dan diadakan secara zoom (online). 


"Alhamdulillah, dengan kemampuan siswa yang kami miliki, siswa SMAN 1 Gunung Sari berhasil meraih dua Juara, terutama juara 1 Tingkat Kabupaten," ujarnya. 


Selain menjadi kebanggaan bagi sekolah, prestasi yang diraih Taharatul sebagai Juara 1 ini akan menjadikan bahasa arab semakin eksis, meski di sekolah umum. 


"Ya, harapan saya tentu Bahasa Arab ini tetap eksis di sekolah-sekolah. Banyak yang berasal dari MTs dan mereka belajar bahasa arab," ujarnya. 


Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Kabupaten / Kota adalah ajang kompetisi yang menguji pemahaman dan kemampuan Bahasa Arab para siswa. 


Keberhasilan Taharatul dalam meraih Juara 1 adalah bukti dari bakat serta kerja kerasnya dalam mengasah kemampuan bahasa yang luar biasa. 


Dengan pencapaian ini, Taharatul Zahra tak hanya memperoleh penghargaan semata, tetapi juga memberikan inspirasi bagi teman-teman sekelas dan seluruh siswa SMAN 1 Gunung Sari. 


Tidak hanya di bidang studi bahasa arab yang diraih SMAN 1 Gunung Sari, sebelumnya juga pernah masuk dalam 15 besar Lomba OSN Tingkat Nasional. 

Prestasi OSN (Olympiade Sains Nasional) Tingkat Nasional yang masuk dalam 15 besar diantaranya ada empat siswa yaitu ; 

1.Andini Icha Khairani, peringkat 5 Biologi

2.Adam Yusron Helmi, peringkat 14 Matematika 

3.Baiq Riyanti, peringkat 11 Kimia 

4.Chaitri Prabha Shalini, peringkat 11 Kebumian 


Kemudian di Bulan September SMAN 1 Gunung Sari juga mengikuti OBA Tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Aula Man 2 Mataram dengan pemateri Kadis Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan. 


Kepala Bidang SMA Drs. Lalu Muhammad Hidlir sebelumnya mengatakan masing-masing siswa memiliki karakter yang berbeda. Guru harus menghindari pendekatan secara klasikal. "Untuk mencetak kesuksesan ada 4 hal yang dilakukan yaitu, kerja keras, disiplin, mau belajar, menerima pendapat orang lain, dan menguasai teknologi," pungkasnya. 


Pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), juga memiliki Inti yaitu peserta didik tidak hanya difokuskan pada kognitif, namun yang diukur adalah karakter.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia