Breaking News

Boyong Berbagai Prestasi tingkat Daerah Hingga Nasional, SMAN 1 Selong Kunjungi Tiga Negara

Kepala SMAN 1 Selong Sri Wahyuni saat menandatangani MoU di Thailand.

Lombok Timur - SMAN 1 Selong merupakan salah satu sekolah favorit yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Prestasi yang diraih sekolah ini tidak tanggung-tanggung, mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional.     

 

SMAN 1 Selong sukses dalam prestasi sekolah maupun siswa tidak lepas dari dukungan Dinas Dikbud NTB, khususnya dalam menjalan program-program Dinas, selain fokus pada P5 ( Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ), sekolah ini juga fokus pada The Power off 5P ( Profil, Penampilan, Pelayanan, Peran Serta Masyarakat, dan Prestasi Sekolah ).     

 

Kepala SMAN 1 Selong Sri Wahyuni melalui bidang bendahara bos Baiq Sri Ayuda menyampaikan beberapa bulan terakhir ini SMAN 1 Selong selalu mendapat juara dalam bidang non akademik, salah satunya siswa yang berangkat ke negeri sakura Jepang.

 

"Kalau ngebahas prestasi sekolah, tentunya sangat banyak di bulan lalu juga ada beberapa siswa yang meraih prestasi ada dari OSN, juga ada siswa dari kelas XII yang sudah berangkat ke Jepang," kata Ayuda sapaan akrabnya.     

 

Prestasi siswa SMAN 1 Selong selama tahun ajaran 2023 ini meningkat, sebelumnya ada siswa mengikuti olimpiade dan masuk kategori tingkat provinsi. Sekolah selalu memberikan apresiasi dan reward untuk siswa yang berprestasi.     

 

Untuk diketahui, SMAN 1 Selong juga sudah melakukan kunjungan langsung ke tiga negara dengan membawa 35 siswa, negara tersebut yakni Thailand, Singapura dan Malaysia dan mendapatkan berbagai program unggulan untuk mengembangkan lulusan.     

 

Sri Wahyuni saat dihubungi terpisah menyampaikan kunjungan ketiga Negara itu untuk belajar, "Di Thailand kami mengunjungi Santichon Islamic School (SIS), di sana belajar tentang pembelajarannya, siswa belajar dan budaya-budaya sangat bagus untuk diadopsi," paparnya.     

 

Kunjungan ini juga dalam rangka Overseas Academic and Study Excurtion (OASE) tahun 2023. OASE merupakan kegiatan belajar lintas negara, yakni ke Singapura, Malaysia, dan Thailand, berlangsung 27 September hingga 3 Oktober 2023.     

 

Kegiatan OASE bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik, penandatanganan MoU dengan 19 sekolah, dan mengunjungi beberapa Universitas di Malaysia guna mempelajari peluang siswa mendapatkan beasiswa.     

 

Kepala Bidang SMA Dikbud NTB Drs. H Lalu Muhammad Hidlir

Kepala Bidang SMA Dikbud NTB Lalu Muhammad Hidlir mengaku meskipun SMAN 1 Selong pernah gagal mewakili provinsi ke tingkat nasional di tahun 2022 lalu, namun semangat siswa siswinya tidak pernah putus, terbukti dengan prestasi sekolah yang terus mengalami peningkatan bahkan di tahun 2023 dua siswa berhasil lolos sepuluh besar kategori debat bahasa inggris pada urutan ke tujuh di tingkat nasional.

 

Sejumlah siswa yang menjadi wakil NTB pada ajang OSN Tingkat Nasional,  diantaranya, SMAN 1 Selong atas nama Muhammad Ahmad Firdaus di bidang Astronomi, MAN IC Lotim Baiq Tania Obela bidang Ekonomi. Selanjutnya dari SMAN 1 Selong, Iga Leilani Azala bidang Geografi. SMAN 1 Mataram atas nama Putu Arya Wibawa mapel Biologi, Daffa Rabbani, mapel Fisika, Bunga Dwi Kartika Sasangko, Mapel Kebumian dan Syah Reyza mapel Kimia. Selanjutnya, Yazid Aqila Haikal dari MAN 2 Mataram di mapel Informatika komputer dan Karim Jerwin setiawan Gutom dari SMAN 2 Mataram di mapel Matematika.     

 

"Selama OSN Tingkat Nasional kita tidak pernah dapat medali, karena pembinaannya selama ini orientasinya hanya ke teori. Makanya, kedepan kita akan menyeimbangkan teori dan praktik," tutupnya.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia