Breaking News

5 Tahun Kepemimpinan ZulRohmi, SMAN 2 Manggelewa fokus Power of 5P


Dompu - Satuan Pendidikan SMAN Negeri 2 Manggelewa memberikan apresiasi selama 5 tahun kepemimpinan Gubernur Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalillah (Zul-Rohmi) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2018 - 2023. 


Kepala Sekolah SMA Negeri 2  Manggelewa Kabupaten Dompu, Slamet Sisubali, S.Pd, MMPd mengatakan selama kepemimpinan Zul-Rohmi, banyak kemajuan yang dirasakan, baik fisik maupun non fisik. 


Menurutnya, Pemerintah Provinsi NTB konsisten menempatkan sektor pariwisata sebagai unggulan kedua setelah sektor pertanian secara umum sebagai bukti perjuangan Zul-Rohmi yang membuahkan hasil. 


Selama kepemimpinan Zul-Rohmi terjadi perubahan dibidang pendidikan melalui program NTB Gemilang yang diterjemahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan melalui program P5 yakni : Profile, Penampilan, Pelayanan, Peran Serta Masyarakat dan prestasi. 


Sebelumnya Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan menjelaskan strategi 5P itu merupakan penyederhanaan dari tiga tugas utama yang diemban dalam membangun Pendidikan di NTB berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2018, perubahan atas Perda nomor 4 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Strategi itu dikenal dengan istilah 4P, namun sekarang dikembangkan lagi menjadi 5P, diantaranya; 


1. Profil. 


Kategori profil itu, lanjutnya, meliput segala bentuk data yang berkaitan dengan sekolah, jumlah guru, siswa, jurusan, rombongan belajar, dan termasuk juga jumlah sarana prasarana dan fasilitas belajar yang ada. 


Dalam mengimplemantasikan program tersebut SMAN 2 Manggelewa telah mendapatkan beberapa capaian diantara nya adalah peningkatan sarana dan prasarana yang luar biasa sejak tahun 2018 dengan penambahan ruang kelas baru. 


Antara lain ; ruang laboratorium dan dukungan peralatan (Komputer sebanyak 75 Unit, Crombook sebanyak 125 Unit Tablet 125 Unit) dan fasilitas lain yang merupakan bentuk kebijakan pemerintah untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan pendidikan khususnya di SMAN 2 manggelewa. 


2. Penampilan. 


Sebagai bentuk implementasi program NTB Gemilang SMAN 2 Manggelewa juga membentuk komunitas zero Waste yang mendukung penampilan sekolah menjadi sekolah Indah nyaman dan asri. 


Sekolah pun aktif membangun budaya positif melalui kegiatan literasi dengan doa pagi ( doa Asmaul Husna ) secara berjamaah setiap hari sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan diakhiri kegiatan sholat Dhuhur berjaamah oleh seluruh warga sekolah. 


3. Pelayanan 


Dalam peningkatan layanan pendidikan dan kualitas pendidik juga pemerintah memalui dinas dikbud provinsi terus melakukan seleksi dan uji kompetensi melalui UKG sehingga guru guru sekolah hingga saat ini telah melewati proses standarisasi dan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. 


4. Peran serta Masyarakat. 


Dalam hal ini SMAN 2 Manggelewa bekerjasama dengan masyarakat melalui kesapakatan bersama untuk mendukung program kerja sekolah agar terus dilakukan dan di optimalkan. 


5. Prestasi. 


Capaian lain sebagai imbas dari program ZulRohmi adalah diperolehnya berbagai macam prestasi baik secara akademik maupun non akademik termasuk didalamnya adalah pemberdayaan siswa melalui kegiatan forum organisasi siswa SMA dan Madrasah ( Fosisma ) dimana siswa SMAN 2 Manggelewa menjadi salah satu pengurus tingkat provinsi dan menjadi ketua forum tingkat Kabupaten Dompu. 


Dengan demikian program 5P akan terus berjalan. Karena program ini merupakan realisasi dari upaya Dikbud dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam membangun Pendidikan di NTB.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia