Breaking News

5 Tahun dibawah Kepemimpinan ZulRohmi, SMKN 1 Bayan Hasilkan Berbagai Produk Olahan

Kepala SMK Negeri 1 Bayan, Andi Munif

Lombok Utara - Dipenghujung  berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd pada September 2023 ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dengan program unggulannya yaitu 11 Strategi Gemilang karya yang disinergikan dengan visi NTB Gemilang telah memenuhi indikator dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan SMK yang ada di Wilayah NTB. 

Salah satunya, SMK Negeri 1 Bayan yang memilki visi mewujudkan Lulusan SMK yang bermutu, berkarakter, berbudaya, terampil, dan berdaya saing berdasarkan Iman dan Taqwa dengan Motto” SMK CERDAS (CREATIF, ENTERPRENUER, RELIGIUS, DISIPLIN, AMANAH DAN SEMANGAT KEBANGSAAN) telah melaksanakan dan mewujudkan Program 11 Strategu Gemilang karya yang dibranding Dinas Pendidiian dan Kebudayaan Provinsi NTB tersebut yang terintergarasi dalam program sekolah. 


Kepala SMK Negeri 1 Bayan, Andi Munif, S.Pd mengatakan, program 11 Strategi Gemilang Karya yang dicetus oleh Dinas Pendidikan dan Kubudayaan NTB melalui bidang SMK merupakan program unggulan dan bagi SMK wajib melaksanakannya  sebagai role model pengembangan SMK yang berbasis IDUKA," ungkap Andi panggilan akrabnya. 


Lebih lanjut Andi, sejak dibranding Program 11 Strategi Gemilang Karya ini mendapat respon yang luar biasa dari satuan pendidikan di wilayah NTB, khususnya SMK. 


Sebagai SMK dengan core Agribisnis dan Agriteknologi, SMK Negeri 1 Bayan secara berkala melaksanakan Program 11 Strategi Gemilang karya ini. Adapun Program  Strategi Gemilang Karya yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Bayan diantaranya ; 

1. Refocusing SMK 


Refocusing konsentrasi keahlian tujuannya memudahkan tata Kelola dengan menetapkan 2 (dua) core atau bidang keahlian yaitu SMK Negeri 1 Bayan dengan 6 (enam) konsentrasi keahlian yakni Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH), Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Alat Mesin Pertanian (AMP), Teknik  Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Elektronika Industri (TEI) 


2. Terbentuknya BLUD di SMK 


Untuk BLUD di SMKN Negeri 1 Bayan sudah mulai merintis terbentuknya BLUD ini. Dengan adanya unit produksi (UP) yang bernama Agrimart dengan tujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan pembekalan jiwa enterprenuer melalui penyediaan kesempatan pelatihan produksi secara professional bagi peserta didik, serta mendukung pembiayaan Pendidikan dan peningkatan kesejahteraan. 


Hal ini dilakukan untuk menunjang program BLUD SMK Negeri 1 Bayan dengan mengundang narasumber dari dinas terkait selain itu mengunjungi SMK terdekat (SMKN 1 Pemenang)  yang sudah proses menjadi BLUD , serta untuk mendapatkan atau memberikan pemahaman kepada sekolah, bagaimana BLUD ini terbentuk mulai dari dokumen usulan, manajemen SDM dan manajemen keuangan BLUD sebagai salah satu kriteria persyaratan. 


3. Teaching Factory (Tefa) 


Program ini berkaitan dengan pembelajaran berbasis produk yang dikemas dalam bentuk Teaching Factory (TeFa), karena PjBL ini terintegrasi dan terkait dengan mata pelajaran lain sesuai dengan kompetensi Dasar yang akan dicapai. 


Ada beberapa katalog produk unggulan hasil Tefa dan Project Based Learning (PjBL) SMK NEGERI 1 BAYAN, antara lain ; 


• Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agriteknologi

• Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura. 


Contohnya ; 

• Singkong, yaitu dapat menjadi bahan baku olahan kripik dan dimasak langsung.

Harga Produk : Rp.10.000/kg 


• Jagung Ketan, yaitu jagung ketan atau jagung pulut Jagung ini memiliki beberapa keunggulan mulai dari rasa manisnya, teksturnya seperti ketan, memiliki kandungan tinggi antioksidan, sangat baik untuk Kesehatan.

Harga Produk : Rp. 15.000/kg 


• Jagung Manis, yaitu jagung dengan cita rasa manis. Cocok untuk dimakan sebagai jagung rebus atau jagung bakar.

Harga Produk : Rp. 15.000/kg 


• Kangkung Organik, yaitu kangkung darat ditanam secara organik. Bebas dari pupuk kimia dan pestisida organik. Daun lebar dan batang renyah.

Harga Produk : Rp.5000/200gr 


• Bayam hijau dan Bayam merah organik yaitu sayuran yang ditanam secara organic. Bebas dari pupuk kimia dan pestisida organik. Daun lebar dan batang renyah. ayam merah memiliki kandungan antioksidan polifenol yang cukup tinggi, jika rutin dikonsumsi, tubuh akan terlindungi dari kerusakan sel.

Harga Produk : Bayam hijau Rp.3000/ikat

Bayam merah Rp.5000/ikat 


• Sawi Hidroponik yaitu sawi hijau caisim ditanam dengan sistem hidroponik. Bebas pestisida kimia. Daun lebar dan batang renyah, serta tiidak pahit.

Harga Produk : Rp.5000/200gr 


• Cabai rawit, yaitu bentuk cabai rawit segar, dengan rasa pedas. Merah merata dan bebas busuk.

Harga Produk : Rp.10.000/200gr. 


• Tomat, yaitu salah satu sayuran yang awet dan bisa disimpan samlai dengan 3 minggu di suhu ruang tidak mudah busuk.

Harga Produk : Rp. 25.000/kg 


• Melon madu, yaitu buah melon madu dengan daging buah berwarna oranye.tekstur buah lembut berair. Rasa buah manis dengan rata- rata tingkat kemanisan 12° brix.

Harga Produk : Rp.15.000/kg. 


• Golden Melon, yaitu buah melon yang merupakan melon dengan kulit buat berwarna kuning keemasan, daging buah putih dan oranye pada bagian tengah. Tekstur buah renyah berair. Tingkat kemanisan kisaran 12-14°brix

Harga Produk : Rp.18.000/kg


0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia