Breaking News

Enam Resep Ketupat Rice Cooker, Lebih Matang Sempurna dan Hemat Uang Gas Tentunya

Sumber: pexels.com

Membuat ketupat untuk lebaran biasanya memakan waktu yang cukup lama dan bisa menghabiskan gas lebih dari satu jika tidak dimasak dengan kayu bakar. Akan tetapi, kini muncul inovasi untuk mengatasi kegalauan ibu-ibu ditengah harga gas yang mahal, tapi tetap ingin makan ketupat saat hari raya. Inovasi tersebut adalah resep ketupat rice cooker.

Siapa sangka, rice cooker yang biasanya digunakan untuk menanak nasi, bisa digunakan untuk membuat ketupat yang tak kalah lezatnya. Menu masak di rice cooker kini bertambah, tidak hanya untuk nasi dan membuat bolu saja. Anda pun bisa mencobanya lebaran tahun ini.

Ini Dia 6 Resep Ketupat Rice Cooker, Matang Sempurna dan Hemat Uang gas

Ketupat adalah makanan khas lebaran yang jika tidak ada akan terasa ada yang kurang. Membuat ketupat biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam.  Oleh sebab itu, banyak orang akhirnya memutuskan untuk membeli ketupat yang telah matang dari pada harus menghabiskan waktu lama untuk membuat ketupat.

Untuk Anda yang ingin tetap membuat ketupat sendiri, resep ketupat lebaran menggunakan rice cooker bisa Anda coba tahun ini. Cara mudahnya, bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini;

1.      Siapkan Berasnya Dahulu

Agar mendapatkan ketupat yang enak, Anda harus menyiapkan beras pulen yang berwarna putih bersih. Cuci beras hingga bersih.

2.      Persiapan Memasak Beras

Resep ketupat rice cooker selanjutnya setelah beras dicuci dengan bersih, masukkan beras ke dalam rice cooker. Tahap memasak beras tidak ada bedanya ketika Anda memasak beras untuk membuat nasi.

Tips rice cooker yang harus Anda perhatikan adalah gunakan air dengan perbandingan 2:1, artinya jumlah air harus lebih banyak dua kali lipat dari jumlah berasnya. Misalnya saja Anda menggunakan beras sebanyak 300 gram, maka harus menggunakan air sebanyak 600 gram.

3.      Tambahkan Bumbu Aroma

Resep ketupat rice cooker agar mendapatkan ketupat yang wangi, Anda bisa menambahkan beberapa bahan ke dalam rice cooker. Misalnya saja garam, kaldu bubuk, daun pandan hingga serai. Kaldu dan garam akan menambah rasa asin dan gurih pada ketupat. Sedangkan daun pandan dan serai akan membuat aroma ketupat menjadi wangi.

4.      Memasak Beras

Apabila bahan dan beras telah dimasukkan ke dalam rice cooker, resep ketupat rice cooker tahap selanjutnya adalah memasak beras hingga pulen. Proses memasaknya tidak beda jauh dengan memasak nasi pada umumnya.

Tunggu beberapa saat hingga nasi matang. Setelah nasi matang, jangan buru-buru membuka rice cooker. Biarkan terlebih dahulu hingga uang keluar semua.

5.      Mencetak Ketupat

Apabila nasi telah matang sempurna, buka tutup rice cooker. Aduk nasi yang telah matang agar di bagian bawah atau sisinya tidak ada yang kering. Langkah selanjutnya resep ketupat rice cooker adalah memindahkan nasi ke dalam loyang yang datar dan telah dilapisi dengan daun pisang. Olesi daun pisang dengan minyak agar tidak susah melepasnya nanti lalu tekan hingga nasi menjadi padat.

6.      Sajikan Ketupat

Apabila ketupat yang telah dicetak sudah padat dan dingin, Anda bisa mengeluarkannya dari cetakan. Keluarkan secara perlahan agar bentuknya tidak hancur. Potong kotak-kotak sesuai selera masing-masing. Sajikan ketupat dengan lauk khas lebaran seperti opor ayam dan rendang.

Memasak ketupat menggunakan rice cooker memang praktis, mudah, cepat dan hemat. Namun, yang harus Anda ingat adalah kualitas rice cooker yang digunakan juga harus bagus untuk mendapatkan hasil ketupat yang padat. Salah satu merek rice cooker yang direkomendasikan adalah Sharp.

Untuk mendapatkan rice cooker Sharp juga semakin mudah. Dengan belanja online pun bisa Anda lakukan. Belanjanya tentu di Blibli.com. Mengapa harus Blibli?

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan berbagai alat perdapuran lengkap sesuai yang dibutuhkan, termasuk rice cooker ini. Cara berbelanja di Blibli juga mudah, pengiriman cepat dan efisien. Resep ketupat rice cooker akan semakin berkesan dengan produk dari Blibli. Yuk, Order sekarang juga!

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia