Breaking News

Faskes dan IGD Tetap Berikan Pelayanan Ketika Libur Lebaran


Mataram – Dirut RSUD Provinsi NTB  dr. H Lalu Herman Mahaputra atau yang biasa di sapa dr. Jack menjelaskan bahwa pelayanan rumah sakit dan puskesmas pada libur bersama pada Hari Raya Idhul Fitri 1443 Hijriyah tetap buka selama 24 jam. Para tenaga medis tetap masuk bekerja memberikan pelayanan kesehatan seperti hari-hari biasa, kecuali tanggal merah. “Namun sesuai jadwal harus ada yang piket, dan menggunakan sistem shift. Misal yang piket ini muslim, silakan salat Id dulu, dijaga oleh yang non muslim. Baru kerja lagi,” jelas dr jack, Rabu (04/05/2022)


Menurut Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) NTB ini, hal itu sudah biasa bagi nakes sebagaimana cuti bersama pada tahun-tahun sebelumnya. Tak semua nakes mendapat jadwal libur bersamaan seperti pegawai atau ASN pada umumnya, terlebih dimasa pandemi ini. “Kita yang bertugas di pelayanan tidak bisa libur total,” tandas dr. Jack sapaan akrabnya. Di momen Idhul Fitri 1443 selain memastikan pelayanan kesehatan tetap tersedia dengan baik, pihaknya juga bekerjasama dengan TNI-Polri menghadirkan Pos Kesehatan Lebaran untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang mudik lebaran. “Faskes dan IGD jelas siaga 24 jam. Kemudian kita juga membantu Porpam dan Posyan yang didirikan TNI – Polri,” ucapnya. dr. Jack memastikan bahwa libur lebaran dan cuti bersama tahun ini tidak menghalangi jajarannya untuk tetap siap siaga memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, termasuk IGD, UGD dan fasilitas kesehatan lainnya. “Pelayanan kesehatan di saat libur lebaran tidak ada bedanya seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita tetap berikan pelayanan. Karena kita kan pelayan publik maka diatur sedemikan rupa dimana pada saat hari raya yang muslim off dan non muslim yang standby, habis itu kembali lagi seperti biasa,” jelasnya.


Selain tenaga kesehatan, paramedis, ambulans, pihaknya juga menyiagakan kebutuhan obat-obatan secara khusus dalam menghadapi Lebaran. Langkah ini ditempuh agar persoalan-persoalan kesehatan yang memerlukan tindakan dapat tertangani dengan cepat dan tepat.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia