Breaking News

Lukman Pengepul Besi Bekas Tutup Usia di Desa Rupe Langgudu


Kota Bima, NTB  – Lukman (34) warga Kabupaten Lombok Timur yang di keseharian sebagai pengepul besi bekas dikabarkan tutup usia di Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.


Sebelumnya almarhum diketahui suntik vaksin di salah satu Gerai Vaksin di Langgudu, Selasa (28/12) pagi tadi.


Ternyata memiliki riwayat penyakit bawaan. Sebagaimana dijelaskan Wulandari (17) anak korban, Bapaknya sering mengalami sakit kepala. Bahkan sepekan terakhir sering demam.


Sementara sebelum dan sesudah di lakukan penyuntikan dosis vaksin, kata Kadis Kesehatan Faturahman SE MSi, tahapan dan proses Scraning dan observasi sudah sesuai SOP dan saat ditanya tentang riwayat penyakit, korban mengaku tidak ada penyakit dan tidak merasakan apa-apa setelah disuntik.


Apakah meninggal karena vaksin ?, jawab Fathurrahman, secara global dosis vaksin dipastikan aman. Tetapi dengan catatan sasaran vaksin atau pengguna vaksin, sebelum divaksin harus terbuka menjelaskan apa riwayat penyakit yang diderita.


“Kejadian ini sama sekali tidak dinginkan. Prosedur vaksinasi sudah dijalankan sesuai SOP. Termasuk telah dikuatkan dengan dokumentasi,”kata Kadikes.


Korban saat sebelum dan sesudah divaksin, sambungnya menjelaskan, sama sekali tidak menjelaskan dan berterus terang apa riwayat penyakitnya dan tengah mengonsumsi obat jenis apa.


“Program vaksinasi harus tetap jalan karena memang program nasional.  Kalaupun ada peristiwa seperti ini. Murni kasuistis dan sama sekali bukan karena akibat dan atau penyebab utama vaksin,”kata Kadis Kesehatan Kabupaten Bima ini.


Atas meninggalnya korban, kata Kadikes, pihak keluarga telah menerima dengan ikhlas dan menolak untuk diotopsi.


Korban akan dimakamkan di Lombok Timur. Rencanannya hari ini jenazah almarhum langsung diantar menuju kampung halaman di Desa Segenit Kabupaten Lombok Timur.


Terkait pemberangkatan jenazah, pemerintah akan menanggung semua kebutuhan dan fasilitas yang dibutuhkan.


Sementara dari Pihak Polres Bima Kota, juga sedia dan mengantar almarhum sampai di rumah duka Kabupaten Lombok Timur.


Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, menyampaikan ikut berduka cita atas meninggalnya almarhum. “Semoga almarhum Khusnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan tabah dan ikhlas menerima cobaan ini,”ucap Kapolres Bima Kota.


Sebagai ucapan belasungkawa pada korban, Kepala PKM Langgudu Najmah, memberikan tali asih uang tunai sejumlah Rp 2.5 juta.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia