Breaking News

Tradisi Kenaikan Pangkat Periode 1 April, Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Ikut Nyebur Kolam Ikan


Belu - Meskipun ditengah menjalankan tugas negara mengamankan wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste, kenaikan pangkat satu tingkat dari pangkat semula yang menjadi kebanggaan para Prajurit tetap dilaksanakan dengan sederhana dan khidmat.


Demikian dikatakan Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro dalam sambutan Upacara Kenaikan Pangkat periode 1 April 2021 di lapangan Mako Satgas Pamtas Sektor Timur Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/4/2021).


Menurutnya, kenaikan pangkat satu tingkat merupakan penghargaan yang diberikan negara atas prestasi dan dedikasi para Prajurit dalam menjalan tugas dan tanggungjawabnya dalam jabatan.


Selain itu, kata Bayu Sigit, kenaikan pangkat juga merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada Prajurit, dengan harapan para prajurit tersebut mampu menunjukkan

dan mempertanggung jawabkan makna kenaikan pangkat ini secara moral. 


"Kenaikan pangkat ini harus dijadikan motivasi dan penyemangat serta tekad untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi Satuan Yonif 742/SWY ini," harapnya.


Pria yang juga resmi mengenakan pangkat Letkol dengan melati dua di pundak itu juga berharap agar para Prajurit dapat meningkatkan kinerja, profesionalitas, berani, tulus dan ikhlas dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara terlebih saat ini kita berada di wilayah perbatasan.


"Mari kita curahkan pikiran dan tenaga dengan niat yang tulus Ikhlas untuk memberikan yang terbaik kepada saudara kita di wilayah perbatasan dengan harapan kecintaan kepada bangsa dan negara tumbuh subur di wilayah perbatasan khususnya RI-RDTL," tutupnya.


Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para Prajurit yang naik pangkat dan dilanjutkan dengan acara tradisi kenaikan pangkat satuan.


*Dansatgas Jalani Tradisi Satuan Dalam Kenaikan Pangkat*


Ada yang menarik dari tradisi satuan Satgas Pamtas Yonif 742/SWY seusai menggelar upacara kenaikan pangkat satu tingkat dari pangkat semula yang dilaksanakan di lapangan Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur.


Tiba-tiba para Prajurit tanpa komando langsung mengangkat Dansatgas Pamtas Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro menuju kolam ikan dekat messnya untuk menjalani tradisi satuan mandi kolam ikan.


Terlihat Dansatgas Pamtas kaget namun ia segera sadar meskipun jabatan sebagai seorang Dansat harus ikut menjalani tradisi satuan yang sudah menjadi aturan turun temurun.


Setelah diceburkan dalam kolam, para Prajurit yang naik pangkat diminta untuk menyanyikan lagu syukur yang terdengar haru dan penuh makna.


Usai melaksanakan tradisi satuan, acara kenaikan pangkat periode 1 April 2021 diakhiri dengan syukuran di Mako Satgas Pamtas. Adapun jumlah personel Yonif 742/SWY yang naik pangkat baik yang berada di Satgas Pamtas maupun di home base Mataram NTB sebanyak 32 terdiri dari Dansatgas dari pangkat Mayor ke Letkol, Sertu ke Serka 9 orang, Serda ke sertu 15 orang, Praka ke Kopda 6 orang dan dari Pratu ke Praka sebanyak 1 orang.

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia