Popular Posts

HEADLINE NEWS

Program Kurma Andalan Polresta Mataram Jaga Ketentraman Selama Ramadhan


Mataram—Polresta Mataram memaksimalkan pengamanan untuk kenyamanan warga masyarakat dalam menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan. Di bawah komando Kombes Pol Heri Wahyudi, SIK Polresta Mataram memperkenalkan program Kumandang Ramadhan Resta Mataram (Kurma). Program ini bagian dari kegiatan rutin Kepolisian yang ditingkatkan. Khususnya dalam memberikan warga masyarakat di wilayah hukum Polresta Mataram kenyamanan dalam menjalankan ibadah. ‘’ Kami ada program yang disebut Kumandang Ramadhan Resta Mataram (Kurma). Ini akan terus kami tingkatkan untuk kenyamanan warga kita dalam beribadah,’’ ungkap Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi, Selasa (21/04/2021).     

Program ini diisi dengan beragam kegiatan patroli. Pertama di program Kurma ini, Polresta Mataram mengisinya dengan kegiatan Patroli Jaga Menjelang Berbuka Puasa (Jambu). Patroli Jambu ini dilaksanakan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas dan kerumunan saat menjelang berbuka puasa. ‘’ Ada Patroli Jambu yang kita giatkan sejak sore hari menjelang berbuka puasa,’’ tuturnya. 

Selanjutnya adalah Patroli Rawan Ngebut-Ngebutan (Rambutan). Kegiatan ini untuk mengantisipasi kebut kebutan dan kendaraan yang menggunakan knalpot racing. ‘’ Patroli ini kami laksanakan di lokasi rawan terjadinya kebut-kebutan,’’ katanya. 

Polresta Mataram juga melaksanakan Patroli Mantapkan Sinergitas (Manggis). Yakni kegiatan patroli skala besar dengan TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Mataram. Patroli ini dilaksanakan mulai pukul 22.00 Wita dengan menyisir Kota Mataram. ‘’ Patroli skala besar tetap kita laksanakan dengan sinergitas yang baik dengan TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan,’’ tukasnya. 

Berikutnya adalah Patroli Rawan Pencurian (Durian). Patroli ini untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas rawan pencurian. Patroli Durian ini mengandalkan Tim Puma dibawah komando Kasat Reskrim Polresta Mataram, Kompol Kadek Adi Budi Astawa, ST,SIK ‘’ Kalau ini sasarannya untuk mengantisipasi rawan pencurian. Tim Puma yang jadi ujung tombaknya dan siap bertugas,’’ tegas Heri. 

Terakhir adalah Patroli Sahur Lancar, Aman dan Kondusif (Salak). Kegiatan ini untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas rawan 3C (Curat, Curas, Curanmor), balap liar, perang mercon dan kerumunan yang melanggar protokol kesehatan (Prokes). Patroli ini dilaksanakan dini hari menjelang sahur hingga pagi. ‘’ Kegiatan ini banyak personel kami yang melaksanakan sahur On The Road. Ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan baik sebelum dan sesudah sahur,’’ tegasnya. 

Sejak dimulai 14 April lalu. Cukup banyak tindakan tegas yang diupayakan Kepolisian demi menjaga keamanan dan kenyamanan warga masyarakat menjalankan ibadah di bulan Suci Ramadan. Seperti mengamankan 48 unit motor yang digunakan balap liar. Polresta Mataram juga mensita 1.619 kotak petasan. Serta mengamankan 25 remaja yang melaksanakan balap liar, balap lari dan perang petasan. ‘’ Di kegiatan ini kami berupaya maksimal. Untuk itu kami menurunkan seluruh satuan fungsi yang dilibatkan. Kenyamanan warga kita untuk beribadah di bulan suci ini harus tetap terjaga. Kami mengandalkan program Kumandang Ramadan Resta Mataram,’’ tutup Kapolresta.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact form

Name

Email *

Message *