Breaking News

Bupati Fauzan Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pengolahan Faba


Gerung- Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid menghadiri Ground Breaking Ceremony dan Penandatanganan MoU serta Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pengolahan Fly Ash dan Bottom Ash (Faba) bertempat di Kantor Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Kamis (8/4). 


Penandatanganan MoU pertama antara PT. Sabena Eraka Lauda dengan Pemerintah Daerah melalui Kamar Dagang Industri (Kadin) Kabupaten Lombok Barat, Kemudian kedua antara PT. Sabena Eraka Lauda dengan Bumdes Desa Taman Ayu dan disaksikan langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi NTB Nauvar Furqony Farinduan, Direktur PT.Sabena Eraka Lauda Lalu Fatahillah Prawira Negara, Kadis DLH Lobar Budi Dharmajaya, Kadis Koperasi Fajar Taufik, Camat Gerung Mulyadi, Kepala Kadin Kabupaten Lombok Barat Abdullah Wildan, Wakapolres Lobar, dan Kades Taman Ayu Muh.Tajudin.


Direktur PT.Sabena Eraka Lauda Lalu Fatahillah Prawira Negara mengatakan, pabrik pengolahan Faba ini adalah pabrik pertama yang dibuat dari PT. Sabena Eraka Lauda. 


"Pabrik ini kita bangun bertujuan untuk membuat sinergitas antara hasil pengolahan batu bara yang disebut Fly Ash atau residunya menjadi bahan kontruksi contohnya papling blok, batako dan berbagai macam olahan lainnya," ungkapnya.


Dia berharap, kali ini dapat membantu proses pembangunannya di Kabupaten Lombok Barat serta apa yang diharapkan dapat meningkatkan cost dari pembangunan tersebut. 


"Sehingga proses pembangunan ini sendiri nantinya dapat melibatkan stakeholder yakni Bumdes sebagai tangan kami melakukan proses penjualan dan Desa Taman Ayu sebagai distibutor tunggal kami," terang Lalu Fatahillah. 


Sesuai rancangan dari awal proses pembangunan pabrik pengolahan Faba kata Fatahillah, selesai sekitar bulan Juli, sehingga pabrik ini bisa beroperasi secara total di bulan Juli dan sudah mulai berproses untuk dipasarkan melalui Bumdes.


Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan berbahagia sekali sekaligus mengapresiasi kepada PT. Sabena Eraka Lauda dengan sungguh-sungguh membangun pabrik pengolahan Faba di Desa Taman Ayu.


"PT. Sabena Eraka Lauda langsung berinisiatif dengan konsepnya yang luar biasa. Dan nanti akan ada MoU dengan Bumdes kita, sebagai pintu masuk pemasaran hanya di Bumdes," katanya.


Dia menyebut, beberapa bulan yang lalu Kadin Lombok Barat juga mengekspor kopi Lombok Barat ke Kanada. Dan sekarang lagi dirintis juga untuk ekspor kopi Lombok Barat ke Abu Dhabi dan Mesir. 


"Selain itu, awalnya kita di Lombok Barat bahkan NTB hanya fokus ke Pariwisata. Akibat pendemi Covid-19 ini harus sudah mulai sekarang Pariwisata tetap sebagai lokomotif, tetapi tidak boleh hanya Pariwisata, kita harus memikirkan industri dan ini sudah memulai," tutupnya. 

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia