Breaking News

Sempat di Zona Merah, Pandemi Covid-19 di Sumbawa Kini Melandai ke Zona Kuning



Mataram – Setelah sebelumnya sempat berada pada zona mengkhawatirkan dalam kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), kini zonasi kabupaten/kota di Pulau Sumbawa melandai alias bergerak membaik. Pasalnya, Kabupaten Sumbawa yang sempat berada pada zona merah, beberapa hari terakhir mengalami perubahan drastis menjadi zona kuning Covid-19.

Kapolda NTB melalui Kabid. Humas Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si., melalui siaran persnya, Senin (8/3/2021), mengungkapkan apresiasi kepada semua pihak yang turut serta berperan aktif dalam perubahan zonasi tersebut.

“Ini patut dibanggakan, dan ini juga bagian dari adanya intervensi Program Kampung Sehat 2 Nurut Tatanan Baru, yang merupakan kolaboratif antara TNI-Polri dengan Pemerintah Daerah,” ungkapnya sembari menambahkan “terima kasih kepada segenap pihak yang terlibat dan berperan aktif dalam perubahan zonasi ini,” ucapnya.

Dikatakan, per tanggal 8 Maret 2021 tercatat 8.393 orang dari total 9.728 orang pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

“Ini cukup menggembirakan. Dari total 8.393 orang yang dinyatakan sembuh itu, 55 orang pasien Covid-19 sembuh hari ini. Alhamdulillah, ini patut disyukuri,” ujarnya.

Pamen Polri melati tiga itu berharap, bagi penyintas (orang yang sembuh) Covid-19 untuk turut serta berpartisipasi, membantu pasien lainnya yang masih berada di tempat-tempat isolasi.

“Mari Bapak dan Ibu yang sudah sembuh, kita mendonorkan plasma darah (Donor Plasma Konvalesen, red) kita, untuk membantu saudara-saudara kita yang masih berjuang melawan Covid-19,” ajaknya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Lalu Gita Ariadi menyampaikan, soal zonasi Covid-19 di Kabupaten Sumbawa tidak langsung dari merah menjadi kuning. Namun dalam empat hari terakhir zonasi itu telah berubah secara bertahap, dari merah ke oranye selanjutnya ke zona kuning.

”Jadi tidak melompat. Ada oranye empat atau lima hari, lalu sekarang kuning,” klaimnya.

Terlepas dari itu, Sekda NTB menyebut hal itu sebagai signal baik dan buah dari kerja keras seluruh pihak. Kolaborasi PPKM dengan Kampung Sehat 2 NTB yang diterapkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dalam tiga pekan terakhir.

”Di instruksi Gubernur itu kan ada dalam poin tujuh. Mengintegrasikan dengan Kampung Sehat. Jadi ada hal positifnya,” jelasnya

0 Comments

© Copyright 2023 - Suara Konsumen Indonesia