Popular Posts

HEADLINE NEWS

Polres Lotim Lakukan Penyekatan Menuju Lokasi Bau Nyale


Senin (01/2/) pukul 20.00 wita sampai dengan Hari Selasa tanggal 02 Februari 2021 (Dini Hari)  bertempat di persimpangan Jalan Raya di Pertigaan Tutuk Dusun Jor Desa Jerowaru, dan di simpang empat depan Kantor Desa  Pemongkong, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur, Personel Polres Lotim bersama Personel TNI dan Sat Pol PP Kabupaten Lombok Timur melaksanakan penyekatan terhadap  masyarakat yang akan menuju lokasi Bau Nyale (penangkapan Cacing laut)  yang ada di Pantai Kaliantan, Desa Srewe, Pantai Batu Bagong Ekas Buana, dan Pantai Tabuan Desa Kuang Rundun Kecamatan Jerowaru Kab. Lotim. Selasa (02/02/21)

Pukul 22.00 wita saat petugas gabungan dari Polres Lotim, Kodim 1615 Lotim dan Sat Pol PP Kab. Lotim dengan melibatkan Tokoh Agama /Tuan Guru sebanya 20 orang yang  dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio, S.I.K. MH. melaksanakan kegiatan penyekatan, 

Selanjutnya pada pukul  20.00. Wita personil gabungan melaksanakan apel yang dipimpin oleh Kapolres Lotim, dalam kesempatan tersebut Kapolres Lotim menyampaikan; Sesuai dengan perintah dari Bupati Lotim dan keputusan Gugus tugas Kqabupaten Lombok Timur  bahwa untuk tahun ini tidak dilaksanakan tradisi adat Bau Nyale di wilayah Kabupaten Lombok Timur guna mengantisipasi penyebaran Covid – 19 diwilayah Kabupaten Lombok Timur yang terus meningkat, dengan demikian petugas yang melakukan penyekatan agar Menindak tegas namun terukur terhadap masyarakat yang tetap memaksakan diri untuk ke lokasi Bau Nyale, sementara itu untuk Personel Satuan Lalulintas agar melakukan penilangan terhadap masyarakat yang tidak melengkapi surat – surat kendaraan namun di berikan kebijakan jika mau menuruti peraturan pemerintah yang tidak memberikan izin untuk pelaksanaan Bau Nyale.

Selanjutnya Anggota Polres Lotim dipimpin oleh Waka Polres Lotim Kompol Kiki Firmansyah, S.I.K, M.H, dan di back up oleh anggota Sat Pol PP serta Personel TNI melanjutkan kegiatan menyekatan terhadap masyarakat yang akan menuju lokasi Bau Nyale.

Waka Polres dan anggota menghimbau masyarakat untuk kembali ke rumah masing-masing dan tidak berkerumun dikarenakan pada tahun ini tidak ada ijin untuk pelaksanaan bau nyale slah satu tujuan ditiadakannya Even Tradisi Bau Nyale untuk mencegah penyebaran Covid 19 yang saat ini sedang melanda Negara kita.

Ada beberpa Masyarakat terus mencoba untuk menuju lokasi bau nyale namun anggota yang berjaga baik personel Polres Lotim diback up oleh Sat Pol PP dan TNI bersama Tokoh Agama/Tuan guru  dari beberapa kecamatan  tetap menghalau dan memberikan himbauan kepada masyarakat.

Selanjutnya anggota Polres Lotim diback up oleh Sat Pol PP dan TNI melakukan pembubaran paksa Kepada masyarakat yang tetap memaksakan menuju lokasi bau nyale. Kemudian masyarakat membubarkan diri. Hingga Saat Berita Ini diterbitkan, situasi di Lokas bau nyale dan Sekitarnya tetap Kondusif.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *